2 Helikopter Terbang Bersamaan, 1 Alami Hilang Kontak Usai Hadapi Cuaca Buruk

waktu baca 2 menit
Dua helikopter polisi saat di Pangkalan Bun, sebelum terbang ke Belitung, Minggu (27/11/2022). Salah satu helikopter tersebut hilang kontak di Belitung Timur.(Dok. Pusdalop BPBD Babel.)

Nasional, Gemasulawesi – 2 helikopter terbang bersamaan di atas perairan Kepulauan , Minggu 27 November 2022. Namun salah satu dari dua helikopter tersebut hilang kontak, setelah mengalami .

Peristiwa hilangnya helikopter ini disampaikan oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan.

Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menjelaskan, helikopter yang hilang benomor plat P-1103. Ia pun menceritakan, awal mula insiden itu.

“Helikopter dengan data P-1103/NBO105 take off dari Palangkaraya menuju Pangkalan Bun pada pukul 08.15 WITA,” terangnya.

Kala itu, take off bersama Helikopter P-1113. Saat pukul 13.45 WIB terjadi di perairan Kepulauan .

Baca: Dua Hektare Lahan Relokasi Bagi Warga Korban Gempa Cianjur

Kemudian kedua pilot yang menerbangkan dua helikopter tersebut mengambil keputusan untuk menerjang itu. Akan tetapi sangat disayangkan pilot mengambil keputusan berbeda dengan pilot Helikopter P-1113.

“Kapten pilot untuk mengurangi ketinggiannya dan turun menuju ketinggian 3.500 kaki. Sementara kapten pilot Helikopter P-1113 mengambil keputusan untuk naik ke ketinggian 5.000 kaki,” jelas Brigjen Pol Ahmad Ramadhan.

Pukul 14.24 WIB, kapten pilot Helikopter P-1113 berhasil mendarat di Bandara Tanjung Pandan. Namun tidak dengan , beberapakali petugas di tower mencoba menghubungi kapten pilot guna memastikan posisi keberadaannya.

Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, tidak ada jawaban, sehingga dipastikan hilang kontak. Pihaknya terlah melaporkan lost contactnya kepada Kasidawil Subdit Patroli Poludara dan Dirpoludara.

Baca: Munas KAHMI Gunakan Sistem Pemungutan Suara Berbasis Elektronik

“Sebelumnya kapten pilot Helikopter P-1113 berusaha menghubungi kru melalui frekuensi radio, namun tidak ada jawaban,” ujarnya.

Ramdhan memastikan helikopter yang hilang dalam kondisi layak terbang. Sebab sebelum lepas landas di pangkalan Bun, helikopter tersebut berangkat dari pangkalan Palangkaraya.

“Jadi ini tiba pukul 11.45 WIB, lalu dari pangkalan Bun helikopter menuju pangkalan Tanjung badan bersama helikopter lainya dengan membawa 4 oran kru di dalamnya,” tutupnya . (*/NRL)

Editor: Gracesilia Shea Arsiane

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.