10 Wisata Jawa Timur yang Patut Dikunjungi

waktu baca 6 menit

, gemasulawesi – Wisata Jawa Timur menawarkan sensasi yang berbeda karena keindahan alam yang ditawarkannya. sendiri merupakan salah satu provinsi besar di Indonesia yang berada di sebelah timur pulau Jawa. Provinsi dengan ibu kota di Surabaya ini terkenal dengan berbagai wisata alam, religius dan kuliner yang sudah dikenal luas di Indonesia.

Jika kamu berkunjung ke daerah timur pulau Jawa tentunya kurang lengkap jika belum menjelajahi berbagai pelosok dan obyek wisata yang menawarkan keindahan alam. Suasana alam yang asri, serta kuliner khas yang nikmat memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

10 Rekomendasi Wisata yang Patut Dikunjungi

Bagi kamu yang memiliki hobi traveling, pastinya tidak asing lagi dengan area wisata Jawa Timur. Ada banyak tempat dan area yang menawarkan pemandangan juga suasananya nyaman yang memanjakan mata. Cocok untuk bersantai dan melepas penat.

terkenal dengan nuansa asri yang tropis, karena berada di pulau Jawa yang jauh dari garis khatulistiwa. Daerah yang berada di timur pulau jawa ini juga memiliki beragam makanan dan kuliner khas yang mungkin tidak ada di tempat lain.

Di sini kami akan mengulas beberapa rekomendasi wisata yang pastinya wajib kamu jelajahi jika berkunjung ke daerah . Lalu apa saja obyek wisata yang menarik? Berikut ulasannya.

Baca: Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Indonesia

  1. Kawah Ijen di Banyuwangi

Secara umum kawah adalah area puncak gunung berapi yang dilewati bahan letusan berbentuk lekukan atau cekungan besar. Di kota Banyuwangi terdapat obyek wisata kawah yang recomended, yaitu Kawah Ijen.

Dikenal dengan sebutan kawah Ijen karena di puncak gunung berapi aktif ini hanya ada satu kawah saja. Memiliki pesona alay yang indah dengan nuansa kebiruan oleh api biru, atau juga dikenal dengan sebutan fire blue.

  1. Bukit Kapur Arosbaya di Bangkalan

wisata jawa timur

Bukit kapur yang ada di kota Bangkalan ini berdiri kokoh menjulang tinggi yang memberikan suasana indah dan menawan. Batuan ini dihias dengan pahatan–pahatan yang unik dan menarik. Karena keindahannya obyek wisata ini sering dijadikan sebagai lokasi syuting.

Baca: Ini Rekomendasi Tujuan Wisata di Indonesia Bagi Pencinta Traveling

  1. Air Terjun Nglirip di Bojonegoro

wisata jawa timur

Wisata air terjun banyak diminati karena keindahan alam yang mempesona. Di kota Bojonegoro ada salah satu obyek wisata waterfall yang pastinya menarik untuk dikunjungi, yaitu Air Terjun Nglirip.

Dikenal karena keindahannya, air terjun ini juga dipercaya mampu mendatangkan jodoh bagi siapa saja yang mandi dan berendam di wisata air ini. Suara gemercik air yang jatuh dari atas memberikan suasana nyaman dan tenang.

  1. Bukit Kawah Wurung di Bondowoso

wisata jawa timur

Bukit Kawah Wurung menghadirkan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Obyek ini memperlihatkan kawasan hijau yang membuat hati menjadi nyaman. Menyerupai padang savana, tempat wisata ini banyak diminati untuk melepas lelah dan penat karena aktivitas pekerjaan.

Baca: Wisata Kuliner Jakarta yang Legendaris dan Kekinian, Wajib Coba Nih!

  1. Pulau Bawean di Gresik

wisata jawa timur

Gresik menjadi salah satu icon kota di dengan industrinya. Namun demikian, ada banyak obyek wisata menarik di kota ini yang menawarkan berbagai keindahan pemandangan alam, salah satunya adalah pulau Bawean yang menawarkan landscape menakjubkan.

Banyak dikunjungi wisata lokal maupun mancanegara yang mendambakan pemandangan gugusan pulau terindah. Selain itu, di sini juga terdapat hamparan pasir putih yang luas, sehingga mampu menambah keindahan pesona pulau Bawean.

  1. Pantai Papuma di Jember

Obyek wisata pantai tentunya banyak diminati baik oleh anak – anak, remaja hingga orang dewasa. Salah satu pantai paling menarik di area adalah Pantai Papuma yang berada di kota Jember.

Pantai berpasir putih ini menawarkan pemandangan yang indah dengan berbagai batuan di area pantai, sehingga unik dan menarik. Kamu juga bisa menjelajahi goa lawa jika air laut surut. Adanya goa ini menawarkan spot yang sangat indah sebagai area berfoto.

Baca: Daftar Restoran Halal di Bali, Harga Mulai Dari Rp12.000,- Saja!

  1. Gunung Kelud di Kediri

Kediri menyimpan berbagai area wisata yang indah dan menawan, salah satunya adalah Gunung Kelud. Nama ini tentunya sudah banyak dikenal luas di Indonesia, sebagai obyek wisata alam yang menarik. Berada di 27 km dari pusat kota kediri, pegunungan ini menawarkan pemandangan yang indah di area puncak.

  1. Gunung Semeru di Lumajang

Wisata pegunungan di Kota Lumajang ini menawarkan hamparan pemandangan pepohonan yang asri yang menyejukkan mata. Udaranya yang sejuk membuat siapa saja yang berkunjung ke tempat ini akan merasa nyaman dan tenang, sehingga kami rekomendasikan bagi kami yang menyukai traveling. Gunung semeru juga dikenal karena cerita rakyat Ranu Kumbolo yang tidak bisa kamu dapatkan di tempat wisata manapun.

Baca: Destinasi Wisata Kabupaten Parigi Moutong

  1. Puntok Geneng Poncol di Magetan

Obyek wisata ini menawarkan landscape yang indah dan menawan dengan pemandangan lereng gunung yang hijau dan asri. Cocok bagi kamu yang mencari spot foto unik dan menarik. Di area ini sudah dibangun spot – spot foto yang menarik dan safety.

  1. Candi Brahu di Mojokerto

Candi ini dibangun pada era kerajaan Majapahit. Memiliki tinggi 27 meter, obyek wisata candi ini menawarkan eksotisme yang menarik, khususnya bagi kamu yang menggemari budaya klasik.

Wisata candi ini menawarkan perpaduan nuansa Hindu Budha yang konon, nama Brahu pada candi ini diambil dari bangunan suci yang bernama Wanaru. Sedangkan Wanaru adalah satu destinasi wisata yang juga banyak di kunjungi di Kabupaten Mojokerto.

Baca: 20 Makanan Khas Sulawesi Tengah Yang Perlu Dicoba

Obyek Wisata Diminati Wisatawan Lokal dan Mancanegara

dikenal dengan berbagai obyek wisata yang indah dan menawan. Bukan hanya gunung dan laut, namun daerah ini juga menyuguhkan berbagai area unik dan menarik yang tidak ada di daerah lain. Banyaknya obyek wisata ini pastinya menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Banyaknya wisatawan yang datang ke Jawa Timur untuk melancong, tentunya mampu meningkatkan pendapatan daerah masing – masing di provinsi pulau Jawa bagian timur ini. Sektor pariwisata sengaja dikembangkan untuk meningkatkan pundi – pundi ekonomi daerah di setiap kota di Jawa Timur, karena berbagai keindahannya.

Adanya obyek wisata yang banyak di area timur pulau Jawa ini pastinya bukan hanya warga lokal saja, namun juga banyak turis asing atau wisatawan mancanegara yang berkunjung. Jawa Timur sebagai provinsi besar di Indonesia terus mengembangkan berbagai obyek wisata baru dengan keindahan alam dan budayanya.

Jawa Timur bukan hanya mengenai wisata religi namun juga menyajikan berbagai keindahan wisata pantai, pegunungan bahkan wisata kuliner yang khas. Daerah ini tentunya wajib km masukkan ke list traveling selanjutnya dan dapatkan sensasi wisata alam yang indah dan menawan.

Bagi kamu yang mendambakan liburan dengan area pemandangan hijau, asri, indah dan menawan, ini kami rekomendasikan. Bukan sembarang area wisata, namun nilai seni, adat dan budaya juga dijunjung tinggi oleh masyarakat sekitar, sehingga mencerminkan kota yang indah dan menarik untuk dikunjungi. (*/Fan)

Baca: Auto Ngiler! Ini Dia 30 Makanan Khas Sulawesi yang Wajib Dicoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.