4 Fakta Unik Tertawa Bagi Kesehatan

waktu baca 2 menit

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Hari Tawa Sedunia dirayakan pada tanggal 1 Mei untuk mempromosikan energi dan ekspresi positif.  Dapat diamati emosi positif juga dapat membantu membawa perubahan positif kepada seseorang. dan ini juga membantu meningkatkan kesadaran akan banyak manfaat dari tertawa bagi kesehatan juga.

Entah Anda tertawa pelan atau tertawa keras di, tertawa itu baik untuk kesehatan anda. Merupakan suatu hal yang berlebihan bila mengatakan kalau dengan tertawa kita dapat mengurangi stres.Tertawa di dalam ruangan adalah salah satu perasaan terbaik di dunia.

Tawa memiliki kekuatan untuk menyatukan orang dan menciptakan ikatan yang luar biasa. Segala sesuatu mulai dari tawa ringan hingga sakit perut dapat mengubah suhu ruangan dari ketidaktahuan yang dingin menjadi pelukan hangat.

Berikut adalah empat manfaat kesehatan yang luar biasa dari terapi tawa yang membantu membawa perubahan positif jangka panjang dan pendek dalam tubuh.

Baca: Prabowo Subianto Melakukan Silaturrahmi ke Rumah Megawati

Merangsang organ

Terapi tawa meningkatkan suplai oksigen, merangsang otot, paru-paru dan jantung serta meningkatkan pelepasan endorfin. Ini juga meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik, yang membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Dapat mengurangi stress

Bila stres tubuh anda memproduksi kortisol. Kortisol memiliki reputasi buruk  sebagai hormon stres, tetapi memainkan peran penting dalam tubuh.Ini mengatur kadar gula darah, mengurangi peradangan, mengatur metabolisme, dan pada saat-saat kritis mengaktifkan respons melawan atau lari di tubuh Anda.

Dengan tertawa juga membantu mengatur kadar kortisol dalam tubuh. Tertawa meningkatkan suplai oksigen, yang merangsang sirkulasi dan menurunkan kadar kortisol.

Menyehatkan jantung

Tertawa adalah latihan kardio yang bagus, terutama bagi mereka yang tidak dapat melakukan aktivitas fisik lainnya karena cedera atau sakit. Tingkatkan detak jantung Anda dan bakar jumlah kalori per jam yang sama dengan berjalan lambat hingga sedang.Jadi tertawalah jalan menuju kesehatan yang baik.

Meningkatkan mood

Tertawa membuat Anda lebih bahagia, melepaskan endorfin di otak dan meningkatkan mood Anda. Bahkan tertawa yang relatif singkat sehari dapat menurunkan kadar hormon stres. Banyak orang menderita depresi, yang dapat diperburuk oleh penyakit kronis.

Dengan tertawa bisa membantu mengurangi depresi, stres dan juga kecemasan, serta mebuat anda merasa lebih bahagia tentunya. Ini juga dapat membantu Anda merasa lebih baik tentang diri sendiri.

Jangan takut untuk mencobanya. Tersenyumlah dengan sudut mulut Anda dan kemudian tertawalah, meskipun rasanya agak dipaksakan. Setelah tertawa, nilailah perasaan Anda. Apakah otot Anda sedikit rileks?Apakah Anda merasa lebih nyaman atau lebih energik? Ini adalah keajaiban alami tawa di tempat kerja. (*)
Baca: Ribuan Jamaah Melakukan Shalat Idul Fitri Di Mesjid Istiqlal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.