Ribuan Jamaah Melakukan Shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Suasana Jamaah Shalat Idul Fitri DI Mesjid Istiqlal

Nasional, gemasulawesi – Fenomena menarik terjadi terkait pelaksanaan shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di ibu kota, Senin 05 Mei 2022. Pandemi yang biasanya jadi penghalang bagi umat islam untuk melakukan shalat jamaah di masjid Istiqlal sekarang ribuan jamaah umat muslim bisa melakukan shalat jamaah di masjid tersebut sampai meluber keluar halaman.

Bahkan, direktur masjid terbesar di Asia Tenggara ini membuka semua aula hingga lima lantai. Di dalam juga penuh sesak sehingga saat salat Idul Fitri bubar, jamaah berjuang untuk sampai ke pintu keluar Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat.Dalam Istiqlal, kepadatan umat mengharuskan mereka bersabar saat memasuki area masjid. Begitu sampai di pelataran, siapa pun yang ingin masuk masjid harus melewati detektor logam yang dijaga oleh Pasukan Keamanan Presiden (Paspampres) saat Wakil Presiden Ma’ruf Amin shalat di Istiqlal.    Karena itu, peziarah hanya bisa masuk melalui gerbang utama.

Baca: MUI Bolehkan Shalat Merapatkan Shaf di Masa Pandemi Tahun Ini

Begitu masuk, petugas masjid menyarankan jamaah untuk mengisi ruang kosong. Namun, beberapa jamaah memilih untuk menyimpan sajadah di halaman masjid karena bagian dalamnya sudah penuh.Tercatat, Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama puluhan ribu jamaah mengikuti gema suara takbir yang kembali menggema setelah  dua tahun absen akibat pandemi Covid-19.

Salah satu jamaah yang bernama Suherman mengaku rindu salat Idul Fitri di . “Saya rindu dengan suasana shalat disini, biasanya saya shalat disini rutin, tapi setelah covid pandemi sekarang saya tidak bisa lagi,” Ungkap Suherman.

Baca: Resmi! Pemerintah Tetapkan Lebaran Jatuh Pada Hari Senin 2 Mei 2022

Pemandangan yang serupa juga terjadi di Jakarta Stadium International, karena area JIS yang di buka hanya di bagian luarnya saja, belasan ribu jamaah menunaikan belangsung secara tertib, bagian luar stadiun mampu menampung kapasitas 82 ribu.

Pelaksanaan salat Fitri dilaksanakan dari sisi barat hingga sebagian sisi selatan dan utara lingkaran. Pemprov DKI telah menyiapkan kapasitas hingga 20.000 jamaah yang terbagi dalam jamaah pria dan wanita. Jamaah yang tiba di JIS kebanyakan menggunakan kendaraan pribadi yang diparkir di bawah stadion berkapasitas 1.900 tempat parkir dan beberapa untuk roda dua.

Gubernur Anies mengatakan ribuan orang bersujud kepada JIS Senin pagi untuk salat Idul Fitri pertama di sebuah tempat yang telah menjadi mahakarya Jakarta. Menurutnya, JIS dibangun oleh anak bangsa.

“Semua yang hadir adalah bagian dari sejarah, yang menjadi kesaksian ketika mereka bisa sujud dan takbir, dan merayakan kemenangan di tempat ribuan anak bangsa telah bekerja dalam diam selama lebih dari dua tahun, untuk mendirikan sebuah bangunan yang Nanti disebut masterpiece,” kata Anies melalui akun Instagram @aniesbaswedan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.