Awal Mula Penyebaran Agama Islam di Indonesia

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Ilustrasi

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Proses difusi Islam di Indonesia cukup menarik karena dalam diseminasi damai. Laksamana Muslim Cina abad ke-15, Zheng He, sering dianggap membantu menyebarkan Islam di pulau Jawa, Indonesia.

Sejarawan, Dr. Carol Kersten mengatakan bahwa di Indonesia cukup menarik. Pasalnya, Islam secara bertahap masuk ke negeri ini dan bisa dikatakan sudah sangat terlambat. Menariknya, Islam tidak datang untuk menyiratkan penaklukan, seperti yang terjadi pada orang Arab dan negara-negara lain.“Bukti paling awal tentang masuknya masyarakat lokal ke Islam di Indonesia saat ini tidak berasal dari abad ke-13.

Selama Khilafah Islam di Arab, Khilafah mengirim utusannya untuk datang ke nusantara dan menyebarkan Islam di Nusantara.

Penyebaran ini menciptakan desa-desa Arab atau pemukiman Arab di pantai barat Sumatera, yang pada saat itu banyak ditemukan oleh para pedagang. Indonesia.Proses pemeluk agama Islam di Nusantara pertama kali terjadi di Barus Tapanuli Tengah di Sumatera Utara. Banyak orang di Indonesia percaya bahwa awal  sejarah Islam ada di Aceh karena pemerintahan Samudera Pasai.

Baca: Atasi Kram Perut, Nyeri Haid Tanpa Obat

Penyebaran Islam di Nusantara dimulai dengan perjalanan para sahabat dan saudagar Islam ke Barus, di pusat Tapanuli.

Keberadaan Kota Barus di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo dan berziarah ke pemakaman Muslim di sana.

Barus terletak 290 km dari kota Medan, ibu kota Sumatera Utara. Jika ditempuh melalui jalur darat, dibutuhkan waktu sekitar 7 jam dengan mobil. Dari kota Sibolga, dibutuhkan waktu  sekitar 2 jam perjalanan darat. Barus adalah tempat bersejarah peradaban dan pintu gerbang Islam.

 Lokasi Barus yang berada di pesisir barat pulau Sumatera dan berhadapan langsung dengan lautan lepas Samudera Hindia, baru dikenal dunia pada abad ke-7. Apalagi berkat hasil hutan, kapur barus, kemenyan dan emasnya, Barus menjadi kota yang sering dikunjungi banyak pedagang di seluruh dunia. Dari situlah kemudian dimulai penyebaran  Islam di wilayah  Sumatera di ujung Papua. (*)

Baca: Rekomendasi Negara Untuk Jadi Sasaran Traveling ke Luar Negeri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.