BMKG Ingatkan Warga Waspadai Gelombang Tinggi dan Banjir Pesisir

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Foto ilustrasi/Pixabay

Berita Sulawesi Utara, gemasulawesi – Stasiun Maritim Bitung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika () Sulawesi Utara, ingatkan warga untuk waspadai ancaman dan pesisir hingga 26 Desember 2022.

Fenomena ini dipicu oleh fase bulan baru pada 23 Desember 2022 dan perigee (jarak minimal bulan dari bumi) pada 24 Desember 2022.

“Warga diingatkan untuk waspada ancaman gelombang diperkirakan 1,25 hingga 2,5 meter, khususnya di perairan utara dan timur Kepulauan Talaud bisa mencapai tiga meter,” kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Ricky Daniel Aror di Manado, Kamis, Desember 2022.

Selain itu, ada kemungkinan gelombang sedang dan kecepatan angin hingga 25 knot, yang dapat menyebabkan peningkatan ketinggian air pasang maksimum yang lebih signifikan.

Baca: BMKG Prediksi Indonesia Hujan Lebat Saat Natal dan Tahun Baru

Menurut Ricky, hal ini dapat mengganggu aktivitas, terutama sektor perikanan tangkap, tambak garam dan perikanan darat, serta bongkar muat kapal di pelabuhan, juga transportasi.

Daerah yang mungkin terkena dampak adalah pesisir utara dan barat Sulawesi Utara, termasuk Kota Manado, Amurang (Kabupaten Minahasa Selatan), Likupang (Kabupaten Minahasa Utara) dan Kabupaten Bolaang Mongondow.

Daerah lain yang terkena dampak adalah pesisir Kepulauan Sangihe, pesisir Kepulauan Talaud, dan pesisir Kepulauan Sitaro.

Baca: BMKG Sebut Ada Potensi Cuaca Ekstrem Saat Natal dan Tahun Baru

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan waspada dalam mengantisipasi dampak pasang surut, khususnya pada kisaran pukul 15.00-21.00 WITA, dan menjelang update informasi laut tetap memperhatikan,” katanya. (*/Ikh)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.