BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Indonesia

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Foto Ilustrasi (Foto/Pixabay)

Berita Nasional, gemasulawesi – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika () keluarkan peringatan lebat dan disertai petir di sejumlah wilayah provinsi Indonesia.

Dalam peringatan dini meteorologi Senin 12 Desember 2022 yang dikutip situs , kemungkinan lebat yang disertai petir dapat diprediksi terjadi di Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Timur.

Daerah lain yang berpotensi hujan di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat , Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Sulawesi Barat Papua dan Papua.

juga memperkirakan kemungkinan curah hujan yang lebih rendah di Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat.

Baca: BMKG Imbau Warga Pesisir Waspada Gelombang Tinggi Empat Meter

Khusus kota-kota besar yang kemungkinan akan mengalami hujan lebat disertai petir hari ini antara lain Jambi, Banjarmasin, Tanjung Pinang, Mataram, Pekanbaru, dan Padang.

DKI Jakarta dapat mengalami hujan dengan intensitas sedang pada malam hari di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Meskipun hujan ringan dapat terjadi pada siang hari di Jakarta Timur dan Selatan dan pada malam hari di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Baca: Gempa Guncang Tapanuli Utara Pagi Ini, Ini Penjelasan BMKG

Beberapa provinsi, yakni Aceh, Sumut, dan Sumbar juga waspada terhadap dampak hujan lebat berupa banjir.

juga keluarkan kategori waspada untuk wilayah Riau, Jambi, Sumsel, Bengkulu, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jabar, Kalbar, Kalteng, Kalsel yang tergolong rawan dampak berat hujan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua. (*/Ikh)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.