BMKG Imbau Warga Pesisir Waspada Gelombang Tinggi Empat Meter

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Gelombang tinggi (Foto Ilustrasi/Pixabay)

Berita Nasional, gemasulawesi – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika () menghimbau, warga di wilayah pesisir waspada terhadadap hingga yang berpotensi terjadi di sejumlah perairan Indonesia 11 Hingga 12 Desember 2022.

Beberapa perairan memiliki potensi hingga 4 meter (m), seperti di Laut Natuna Utara.

menjelaskan, di Indonesia bagian utara pola angin dominan bergerak dari barat laut-timur laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5 hingga 25 knot, sedangkan di Indonesia bagian selatan pergerakan dominan adalah dari arah timur laut-tenggara dengan angin yang berosilasi antara 5 – 20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna bagian utara, perairan barat P. Simeulue – Kep. Nias dan Perairan Barat Kep. Mentawai.

Baca: BMKG Sulut Peringatkan Warga Potensi Gelombang Tinggi

“Kondisi tersebut menyebabkan peningkatan gelombang hingga 1,25-2,5 meter di Perairan Utara Sabang, Perairan Timur Pulau Simeulue, Perairan Barat Bengkulu, Perairan Barat Lampung, Selat Sunda barat dan selatan, Banten selatan – Pulau Sumba,” kata dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Minggu 11 Desember 2022.

Kemudian Bali – Selat Lombok – sayangnya di selatan, perairan Kep. Anambas Kep. Natuna, Perairan Kepulauan Talaud, Laut Maluku Utara, Perairan Halmahera Utara, Laut Halmahera, Barat Laut Papua – Perairan Papua, Pasifik Utara Halmahera – Papua.

“Sementara gelombang yang lebih tinggi berkisar 2,5 hingga 4 meter berada di Perairan Natuna Utara, Perairan Aceh Barat, P. Simeulue – Kep Barat, Perairan Barat Nias, Perairan Kepulauan Mentawai, Samudera Hindia barat Sumatera, Samudera Hindia selatan Jawa,” ucap .

Baca: BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi di Laut Sulawesi

telah memperingatkan kemungkinan terjadinya di beberapa wilayah tersebut dapat membahayakan keselamatan pelayaran.

Untuk itu, selalu mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, khususnya nelayan yang menggunakan alat transportasi seperti kapal penangkap ikan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi . 1,25 m, tongkang dengan angin lebih dari 16 knot dan gelombang lebih dari 1,5 m.

Selanjutnya untuk feri dengan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan gelombang lebih dari 2,5m dan kapal besar seperti kapal barang/kapal pesiar dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan gelombang lebih dari 4m.

Baca: Waspada, BMKG Prediksikan Gelombang Tinggi Diperairan

“Masyarakat yang bermukim dan melakukan aktivitas pesisir di wilayah yang berpotensi terjadi harus selalu waspada,” ucap . (*/Ikh)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.