Cara Menggunakan Fitur Reel Instagram

waktu baca 3 menit
Ilustrasi

, gemasulawesi – Saat ini Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang paling populer, apalagi aplikasinya tidak hanya dapat diakses melalui smartphone tetapi juga PC atau laptop. Melalui , siapa pun dapat berbagi foto dan video serta membuat cerita dari fitur cerita hingga fitur teks musik. Selain memperkenalkan fitur lirik musik, juga menawarkan reel untuk pengguna di Indonesia. Fitur ini mirip dengan TikTok yang memungkinkan pengguna untuk berbagi video pendek.

Baca: Durasi Video Tik Tok Bertambah Jadi Tiga Menit

Fitur Reels menampilkan sedikit perubahan pada tampilan wajah . Ikon fitur Reels berada di tengah antara tab Beranda, Jelajahi, Toko, dan Profil, menggantikan ikon Posting Baru.

 Sementara itu, ikon Pesan Baru telah dipindahkan di sebelah ikon notifikasi dan pesan langsung.

 Nah, bagi yang penasaran dengan fungsi ini dan ingin mencapainya, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Berikut rangkuman  cara menggunakan fitur Reel   di platform Android dan iOS, seperti dilansir  laman brankaspedia.

Baca: Dua Dekade Parigi Moutong, Harus Bisa Menggenjot Pembangunan

Buka dan ketuk ikon kamera di sudut kiri atas.Pada layar berikutnya, ketuk opsi Memulai.

Kemudian Anda akan melihat tiga opsi di bagian bawah: Live, Story, dan Reels. Ketuk Gulungan.

  • Durasi video 15 detik

Pastikan total durasi klip video adalah 15 detik. Saat Anda siap, ketuk ikon lingkaran putih besar untuk mulai merekam klip. Setelah selesai, tekan tombol yang sama untuk berhenti merekam.

  • Tambah Musik

Untuk membuat klip menarik, Anda dapat menambahkan musik sesuka Anda. Untuk melakukan ini, ketuk ikon musik di sebelah kiri. Selanjutnya, temukan musik yang ingin Anda tambahkan.Ada dua tab yaitu musik yang sedang tren atau musik untuk Anda. Pilih lagu  pilihan Anda.

  • Menyesuaikan kecepatan perekaman video Reels

Ada cara untuk mengatur kecepatan perekaman video pada Reel . Untuk melakukan ini, gunakan ikon panah kanan yang terlihat seperti tombol putar. Saat ini, Reels memungkinkan pengguna untuk merekam video  gerakan lambat, mulai dari 1x, 2x, 3x, 4x hingga 3x hingga 0,5x.

  • Tambahkan filter menarik untuk menggulung instagram

Sebelum memulai dengan pendaftaran, Anda dapat memilih berbagai efek menarik sehingga klip memiliki tampilan estetika di sebelah kiri, seperti gambar bintang tiga.

  • Mengatur timer untuk Reel Instagram

Instagram Reels juga memungkinkan pengguna untuk mengatur timer sehingga Anda dapat mengatur waktu saat memotret atau mengambil foto.

Untuk menyetel timer, ketuk ikon timer di sebelah kiri, lalu atur durasi klip (0,1 hingga 15 detik). Setelah selesai, ketuk Setel Timer. Saat Anda mulai merekam klip, penghitung waktu akan muncul di layar.

  • Sejajarkan Reel Instagram

Jika video Anda terlihat agak berantakan, Anda dapat menyelaraskannya dengan sempurna.Untuk melakukan ini, cukup ketuk tombol Align.

  • Memutar Reel Instagram

Setelah merekam Reel Instagram, ketuk panah kembali di bagian bawah untuk memutar video.

  • Simpan Reel Instagram

Jika Anda ingin menyimpan Reel Instagram ke perangkat Anda, ketuk panah maju di bagian bawah. Kemudian ketuk tombol Simpan di bagian atas untuk menyimpan.

  • Mempercantik Reel Instagram

Jika Anda ingin membuat Reel Instagram Anda lebih menarik, Anda dapat menambahkan teks, emoji, dan stiker yang keren dan menarik.Setelah merekam klip, ketuk panah maju di bagian bawah, lalu ketuk ikon emoji di bagian atas untuk memilih dari berbagai stiker dan emoji.

Sementara itu, jika Anda ingin membuat Doodle, ketuk tombol Doodle di bagian atas, lalu berkreasilah untuk menambahkan sesuatu yang menarik.

Untuk menambahkan teks, ketuk tombol teks di sudut kanan atas layar, lalu tambahkan teks yang sesuai.

  • Berbagi Reel Instagram

Setelah mengedit Reel Instagram, Anda dapat membagikannya dengan pengikut Anda. Untuk melakukan ini, ketuk panah maju di bagian bawah. Selanjutnya, tambahkan judul dan pilih bagaimana Anda ingin berbagi gulungan dengan orang lain.Kemudian klik tombol “Bagikan”. (*)

Baca: Instagram Akan Ubah Konsep Layanan Berbasis Video

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.