Central Celebes 2022, Dispusaka Gelar Festival Literasi

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Dispusaka Gelar Festival Literasi Central Celebes 2022. (Foto/Facebook Pemprov Sulawesi Tengah)

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – , Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Privinsi Sulawesi Tengah, gelar festival literasi Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan yang driangkaikan dengan Peringatan 4 tahun bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi 28 September 2022. Bertajuk “Mengenal Sisi Lain Sulawesi Tengah Melalui Perpustakaan dan Kearsipan Digital Sebagai Memori Kolektif Bangsa” di halaman depan Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Tengah, Rabu 28 September 2022.

Festival Literasi Sulawesi Tengah 2022 diselenggarakan dengan tujuan untuk mempromosikan perpustakaan dan kearsipan sebagai gerakan cinta dan peduli perpustakaan dan arsip, serta dengan tujuan untuk meningkatkan indeks literasi di Sulawesi Tengah.

Kegiatan , ini berlangsung dalam 3 (tiga) tahap, tahap pertama menyambut peringatan bulan gemar membaca dan hari kunjungan perpustakaan dan kearsipan, tahap kedua workshop bunda literasi duta membaca dan tahap ketiga atau klimaks dari kegiatan yang dilakukan dengan pelepasan fun bike jelajah informasi edukasi likuifaksi dan dilanjutkan dengan doa bersama dalam rangka memperingati 4 tahun gempa, tsunami dan likuifaksi.

Dalam sambutan Kepala Perpustakaan Republik Indonesia, Drs. Muhammad Syarif Bando, MM mengatakan, tugas terpenting pemerintah adalah meningkatkan harkat dan martabat kualitas hidup masyarakat.

Semua perpustakaan akses digital digunakan untuk mempercepat peningkatan kualitas sumber daya manusia, yaitu penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, penguasaan inovasi dan kreativitas, penciptaan lapangan kerja dan peningkatan in come di masyarakat, yang pada gilirannya meningkatkan devisa negara.

“Kepada kepala dinas perpustakaan, kami mohon untuk menyediakan buku-buku terapan bagi para petani kami,” kata Syarif Bando.

Dalam sambutan Kepala Arsip Nasional RI, Drs Imam Gunarto, M.Hum mengatakan perayaan Bulan Gemar Membaca dan Festival Literasi Sulawesi Tengah merupakan acara penting yang bertepatan dengan Peringatan 4 tahun bencana alam Gempa bumi, tsunami dan likuifaksi yang merupakan rangkaian arsip literasi dan bencana.

Dalam hal ini, masyarakat perlu mewaspadai bencana. Pada kesempatan seperti ini harus dilakukan setiap saat agar masyarakat memiliki literasi terhadap bencana yang baik.

Imam Gunarto menambahkan, untuk belajar mewaspadai bencana, kita harus belajar dari masa lalu. Banyak korban bencana karena kurangnya kesadaran.

Dalam sambutan Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, disela-sela pembukaan acara secara resmi, beliau menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kinerja perpustakaan dan kearsipan di Sulawesi Tengah seperti pengabdian kepada masyarakat dan seperti indeks pelayanan publik, masih sangat rendah.

Pemerintah ingin membangun gedung perpustakaan dan layanan kearsipan yang representatif di provinsi ini berbasis perpustakaan dan kearsipan hybrid dengan menggabungkan layanan perpustakaan dan arsip secara konvensional dengan perpustakaan dan layanan arsip digital.

Baca: Pemkab Wakatobi Dorong Semua Pihak Jaga Cagar Biosfer Dunia

Selain itu, Rusdy Mastura berharap desain bangunan modern dan kearifan lokal menjadi citra budaya dan memori kolektif daerah Sulawesi Tengah serta mendukung program perpustakaan nasional RI untuk peningkatan literasi guna meningkatkan indeks literasi masyarakat dan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial sebagai penguatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pemulihan ekonomi nasional.

“Saya berharap desain bangunannya modern dan lokal, yang nantinya menjadi citra budaya dan memori kolektif daerah Sulawesi Tengah,” kata Rusdy Mastura.

Diakhir sambutannya, Rusdy Mastura mengajak untuk terlibat dalam pengelolaan perpustakaan yang menjadi salah satu kunci keberhasilan penyelenggaraan perpustakaan dan arsip dengan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat juga menjadikan kegiatan membaca sebagai kebutuhan dan cara hidup dalam masyarakat. (*/Ikh)

Baca: Pemda Parigi Moutong Optimis Sukseskan Harkannas 2022

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.