Dana Non Kapitasi Dipastikan Selesai Pertengahan September

waktu baca 2 menit
Foto/Istimewa

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Dana non kapitasi tiga tahun terakhir akan terbayarkan dari 2020 hingga 2022, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, pastikan dana tersebut bakal terselesaikan di pertengahan September mendatang.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi 4 DPRD Parigi Moutong, Arifin, Dg. Palalo, saat ditemui, Senin 22 Agustus 2022.

“Jadi dana non kapitasi selama tiga tahun terakhir akan dibayarkan dari tahun 2020 hingga 2022 yang semuanya akan diselesaikan oleh dinas kesehatan setempat,” ucap Arifin, Dg. Palalo.

Ia menegaskan Kadinkes telah menyepakati untuk membayar dana yang belum dicairkan selama tiga tahun yang belum terpenuhi, hal tersebut dikomunikasikan dalam rapat dengan kepala Puskesmas di ruang DPRD.

Jika uangnya belum lunas, dia meminta kepada kepala puskesmas untuk menyampaikan kepada pihaknya agar dapat ditindaklanjuti.

Berdasarkan pengakuan Dinas Kesehatan, ada keterlambatan pembayaran hingga tahun ini, pada tahun 2020 dan 2021 ada masalah, tetapi dinas tersebut tidak mengungkapkan penyebabnya secara rinci.

“Nanti kita kejar terus tahun ini, dananya sudah ada, hanya saja mereka terlambat membayarnya di 23 Puskesmas,” jelasnya.

Baca: Masyarakat Apresiasi Perintah Tegas dari Kapolri kepada Kapolda untuk Memberantas Segala Jenis Kejahatan

Mengenai masalah laporan, menurut penyampaian pihak Puskesmas yang sudah mencatat semuanya dan tidak ada masalah. Bahkan BPJS mengaku tidak ada lagi masalah di pihak mereka, bahkan dana sudah terbayarkan.

Dia mengatakan sekitar Rp 6 miliar untuk perawatan kesehatan dan akan dibayarkan di semua puskesmas bulan September.

Dia menambahkan bahwa pada tahun 2023 pasti tidak akan ada lagi keterlambatan pembayaran dan Dinas Kesehatan akan melakukan pembenahan.

“Sebagai Ketua Komisi, saya akan terus memantau sejauh mana dana tersebut sampai ke Puskesmas,” tutupnya. (*/Ikh)

Baca: Tak Hanya Perguruan Tinggi, KPK Kantongi Informasi Praktik Suap Penerimaan Siswa Masuk Sekolah Menengah Atas Negeri

Ikuti Update Berita Terkini Gema Sulawesi di: Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.