Ribuan Massa Kembali Menggelar Aksi Demo Tolak Tambang di Kasimbar

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Aksi Demo Tolak Tambang di Kecamatan Kasimbar, Senin, 7 Februari, 2022. (Foto/Istimewa)

Berita , gemasulawesi.com- Aliansi Rakyat Tani Koalisi Tolak Tambang (KTT) Kasimbar, Tinombo selatan, Toribulu kembali menggelar aksi demo tolak tambang dan mendesak pemerintah untuk mencabut Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Trio Kencana.

Aksi demo tolak tambang di gelar di Kecamatan Kasimbar, Kabupaten , Provinsi Sulawesi Tengah, Senin, 7 Februari 2022, aksi tersebut diikuti ribuan massa berasal dari gabungan tiga Kecamatan.

Baca: Ratusan Pendemo Minta Pemda Tolak Usaha Tambang Kasimbar

Dalam selebaran tuntutan Aliansi Rakyat Tani KTT, disebutkan jika PT Trio Kencana telah beroperasi dan memiliki konsesi di tiga wilayah Kecamatan yakni, Kecamatan Kasimbar, Toribulu dan Tinombo Selatan.

Dalam selebaran itu juga disebutkan, perusahaan dinilai tidak memikirkan hajat hidup orang banyak dan telah mencoba merampas hak masyarakat sejak tahun 2010.

Baca: IUP PT Trio Kencana Masuk Kadaluarsa Tambang Kasimbar Ditutup

Masyarakat disebut selalu menolak keberadaan tambang itu, kemudian di tahun 2020 Dinas ESDM menerbitkan izin operasi produksi, sejak itu kejadian bencana alam kerap terjadi.

Penolakan keberadaan tambang emas dalam selebaran itu disebutkan akibat masyarakat sudah merasakan langsung dampak dari kegiatan pertambangan yang dilakukan oleh PT Trio Kencana.

Baca: Massa Aksi Demo Sebut Tambang Emas Kasimbar Ancam Lingkungan

Khususnya dampak pada rusaknya lahan persawahan, naiknya volume banjir dan hilangnya lahan untuk perkebunan, hal itu menjadi pemicu aksi demo tolak tambang di Kecamatan Kasimbar.

PT Trio Kencana juga dinilai lalai dalam hal pelibatan masyarakat saat menyusun analisis dampak lingkungan. Dimana dalam penyusunan AMDAL hanya menghadirkan segelintir orang dan pemerintah kecamatan yang dinilai tidak memiliki hak dan tidak paham terkait pertambangan.

Untuk itu pihak massa demo yang mengatas namakan KTT, mendesak Pemerintah Provinsi Sulawesi tengah dalam hal ini Gubernur Rusdy Mastura mencabut Izin Usaha Pertambangan PT Trio Kencana. (fan)

Baca: Polda Sulteng Amankan 29 Pendemo Tolak Omnibus Law

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.