Dinas Perhubungan Parigi Moutong Gelar Pelatihan Safety Riding

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Pelatihan Bagi Pengemudi di Pemerintah daerah Kabupaten Parigi Moutong. (Foto/istimewa)

Berita , gemasulawesi.com – Kabupaten (Parimo) menggelar pelatihan safety riding atau berkendara dengan aman bagi pengemudi kendaraan dinas (Randis) di lingkungan pemerintah daerah.

Kegiatan pelatihan safety riding, dilaksanakan di lantai dua Kantor Bupati , Jumat 4 Maret 2022.

Sekretaris daerah , Zulfinasran S.STP, dalam samabutannya mewakili bupati Parimo mengatakan, tujuan dilaksanakannya pelatihan itu adalah meningkatkan skil sopir dalam menjaga keamanan saat berkendara menggunakan randis.

Baca: PPK Diminta Awasi Penggunaan Kendaraan Dinas

“Sebelumnya kegiatan ini sudah dilaksanakan di Tinombo, ini kegiatan lanjutannya semoga bisa lebih memahami lagi tentang safety riding yang benar,” tuturnya.

Harapannya, pelatihan yang dilaksanakan itu, bisa meningkatkan kesadaran para sopir atau pengendera mobil dinas di untuk lebih mengutamakan keselamatan, tertib berlalulintas serta memiliki etika sebagai pengendara.

Menurut dia, transportasi merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia, khususnya transportasi menggunakan mobil. 

Baca: Anak Dibawah Umur Dominasi Kasus Lakalantas Parigi Moutong

“Berdasarkan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalulintas angkutan jalan, kecelakaan lalulintas adalah suatu peristiwa di jalan yang tidak diduga atau tidak sengaja sehingga menimbulkan korban jiwa ataupun kerugian harta, untuk itu penting training ini dilakukan,” tegasnya.

Menurut Zulfinasran, terjadinya kecelakaan dalam berkendara, itu karena kurangnya kesadaran dan ketertiban dan kedisiplinan dalam berlalulintas serta lemahnya pengawasan.

Selain itu, juga diharapkan dapat menerapkan lima pilar, yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, dan penanganan pra serta pasca penanganan keselamatan jalan.

Baca: Laka Lantas di Salena, Satu Pemotor Tewas

Ia menambahkan, dalam berlalulintas tidak bisa terhindar dari risiko terlibat kecelakaan. Bergantung para pengemudi, dan pada umumnya kecelakaan didahului dengan pelanggaran terhadap peraturan lalulintas. 

“Untuk itu, saya mengimbau kepada para peserta pelatihan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik mungkin,” terangnya.

Baca: Hari Raya Nyepi di Parigi Moutong Tahun Ini Tanpa Ogoh-ogoh

Pengemudi kata dia, memegang peran sangat penting terkait keselamatan dalam berkendara. Khususnya, pada para peserta ini sebagai sopir kendaraan dinas dari pejabat, yang tentunya membutuhkan kedisiplinan dan kekuatan fisik yang ekstra. 

“Pesan saya jangan sampai menyepelekan hal-hal kecil. Terutama dalam perjalanan jauh, dan tentunya kekuatan fisik harus tetap dijaga,” pungkasnya. (wd)

Baca: Laka Lantas di Dolago, Dua Orang Meninggal di Tempat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.