Genjot Penguatan Produk Pertanian, Pemkot Palu Gelar Pasar Tani

waktu baca 2 menit
Event Pasar Tani (Ilustrasi Gambar)

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Genjot penguatan produk pertanian, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, Sulawesi Tengah, gelar pasar tani guna mendekatkan petani terhadapap peluang pasar.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Palu saat meninjau pasar tani Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Palu, Kamis 8 September 2022.

“Pasar tani merupakan bagian dari pameran produk dari bahan baku hingga pengolahan, dengan upaya ini setidaknya pasar dan konsumen dapat melihat produk pertanian daerah,” ucap Hadianto Rasyid.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini dapat dijadikan sebagai alat ukur mengetahui kemauan dan kemampuan petani dalam menghasilkan produk yang berdaya saing di pasaran.

Menurut dia, peran OPD juga harus membangun jembatan antara pasar dan petani sehingga mereka menjual produk langsung ke konsumen.

Salah satu komoditas unggulan baru di daerah tersebut adalah buah anggur milik kelompok tani di Kelurahan Duyu Kecamatan Tatanga yang kini telah merambah pasar modern di daerah itu.

“Tugas dan tanggung jawab pemerintah melalui organisasi teknis perangkat daerah (OPD) adalah memberikan dukungan melalui program-program agar petani tidak hanya sebatas produksi, tetapi juga menjadi pelaku sesuai dengan bidangnya,” kata Hadianto.

Menurut dia, peran OPD juga harus membangun jembatan antara pasar dan petani sehingga mereka menjual produk langsung ke konsumen.

Kepala Bidang Keamanan Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Kota Palu Nur Laila menjelaskan, event Pasar Tani ini dihadiri sekitar 30 kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), yang didukung oleh OPD terkait.

Produk yang dipamerkan beragam, mulai dari produk pertanian, peternakan dan perikanan hingga pangan yang berkualitas.

Baca: Mayat Wanita Ditemukan Mengapung di Sungai Jeneberang, Gowa

Laila mengatakan, selain memperkuat kualitas produksi, kami juga memberdayakan petani dan UKM serta mempromosikan produk olahan publik dalam kemasan sehingga produk lokal juga memiliki kualitas dan juga agar mampu untuk genjot penguatan produk pertanian.

Ia menambahkan, di era modern seperti sekarang ini, petani memiliki peluang besar untuk mengembangkan produksinya menjadi produk olahan sehingga ekonomi keluarga tumbuh.

“Karena kegiatan ini, warga Kota Palu sangat antusias untuk berbelanja hasil pertanian. Pasar tani hanya diadakan hari ini saja,” pungkas Laila. (*/Ikh)

Baca: Dinkes Makassar Lakukan Imunisasi Campak Rubella di Sekolah

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.