14 November Jadi Peringatan Hari Diabetes Sedunia, Ini Cara Mencegahnya

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Ilustrasi Diabetes. (Foto/pixabay)

Kesehatan, gemasulawesi – adalah masalah kesehatan yang merajalela yang terus memakan korban di seluruh dunia, dinilai penting sehingga ditetapkan hari sedunia. 

Dibates adalah kondisi ketika kadar glukosa atau gula darah menjadi terlalu tinggi, yang dapat mengundang masalah lainnya seperti gagal ginjal dan stroke. 

Dengan penyakit yang mengerikan ini, menjadi penting untuk menciptakan kesadaran di sekitarnya.

Hari Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 14 November untuk menyoroti komplikasi penyakit kronis.

Baca:   

Hari itu diusulkan oleh Federasi Sedunia pada tahun 1991 dengan dukungan dari Organisasi Kesehatan Dunia dan menjadi Hari PBB resmi pada tahun 2006.

dapat menyerang siapa saja, termasuk orang yang kaum muda. Penyalit  ini dapat membuat pengidapnya mengalami beragam gejala yang parah serta gangguan kesehatan yang dapat terjadi secara menyeluruh. Namun jangan khawatir, kondisi ini dalat kamu cegah sejak usia muda.

  • Turunkanlah badanmu dan jangan pertahankan. Mengontroll badanmu merupakan salah satu bagian penting dari upaya mencegab . Kamu mungkin dapat mencegah atau menunda dengan menurunkan 5 sampai 10% jika badanmu berlebih. Dan begitu kamu menurunkan , penting agar kamu tidak menaikkannya kembali.
  • Ikutilah menu makanan . Penting untuk mengurangi jumlah kalori yang kamu dan minum setiap hari, sehingga kamu dapat menurunkan dan mempertahankannya. Untuk melakukan itu, menu makanmu harus mencakup porsi yang lebih kecil dan lebih sedikit lemak dan gula.  Kamu juga harus mrmakan berbagai makanan seperti biji-bijian, buah-buahan, dan juga sayuran. Ini juga merupakan ide yang baik untuk membatasi daging merah, dan menghindari daging olahan.
  • Lakukan olahraga teratur. Olahraga punya banyak dampam bagi kesehatanmu, diantaranya termasuk membantu kamu menurunkan badan serta menurunkan kadar gula darahmu. Keduanya menurunkan risiko diabetes tipe 2.  Cobalah untuk melakukan setidaknya 30 menit aktivitas fisik 5 hari seminggu.
  • Jangan merokok. Merokok dapat menyebabkan resistensi insulin, yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2.  Kalau kamu adalah seorang yang  merokok, cobalah untuk berhenti.

Jika kamu punya risiko tinggi, bicaralah dengan penyedia layanan kesehatanmu untuk melihat apakah ada hal lain yang dapat kamu lakukan untuk menunda atau mencegah diabetes tipe 2. 

Jika kamu berisiko tinggi, penyedia kamu mungkin menyarankan agar Anda mengonsumsi salah satu dari beberapa jenis obat diabetes. (*/GLR)

Editor: Muhammad Irfan Mursalim

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.