Kebakaran di Makassar Masih Tinggi, September 120 Kasus

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Ilustrasi Kebakaran

Berita Sulawesi Selatan, gemasulawesi – Kebakaran di Kota Makassar masih tinggi, berdasarkan laporan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Sulawesi Selatan, tercatat hingga September 2022, 120 kasus kebakaran yang melanda lokasi pemukiman penduduk.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kebakaran Kota Makassar Muhammad Hasanuddin di Makassar, Senin 3 Oktober 2022.

“Hingga September ada 120 kasus kebakaran. Tercatat 69 kasus karena hubungan arus pendek atau korsleting listrik,” ucap Muhammad Hasanuddin.

Selain korsleting, penyebab kebakaran lainnya adalah kelalaian dalam menyalakan kompor gas, tercatat 12 kasus, kebocoran tabung LPG lima kasus, lilin satu kasus, alang-alang kebakaran 11 kasus dan 21 kasus tidak diketahui penyebabnya.

Menurut Hasanuddin, 154 rumah, empat kios penjualan, sembilan tempat industri atau komersial dan enam unit Gundag hangus terbakar. Selain itu, jumlah kendaraan yang terbakar sebanyak 44 unit dan barang berharga lainnya 42 unit.

Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar mencatat 229 KK dengan total 592 jiwa menjadi korban kebakaran. Sedangkan luas kebakaran 16.965 meter persegi dan kerugian ditaksir lebih dari Rp15 miliar.

Baca: 300 Ribu Warga Parigi Moutong Terdaftar di DPB Pemilu 2024

Menurut Dinas Pemadam Kebakaran Makassar, kecelakaan kebakaran tertinggi terjadi pada bulan Agustus dengan 17 kasus, diikuti Mei (16), Maret (15), kemudian April, Juli dan September masing-masing 13 kasus, Juni (12) , Januari (11) dan Februari (10).

Mengingat maraknya kasus kebakaran, Hasanuddin mengingatkan dan mengimbau masyarakat. Selalu waspada dan hati-hati saat menangani peralatan listrik, terutama saat menggunakan kompor listrik dan gas.

“Untuk mencegahnya, selalu memperhatikan instalasi listrik dan sambungan listrik serta mengganti instalasi listrik yang lama. Jangan abaikan kompor dan tabung gas agar tidak ada kebocoran yang bisa menyebabkan kebakaran,” ucapnya. (*/Ikh)

Baca: Lomba Memancing Sambut Harkannas ke-9 di Parigi Moutong

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.