Kendalikan Inflasi, Pemkot Palu Pantau Rantai Pasok Pangan

waktu baca 2 menit
Wakil Wali Kota Palu, Reny A Lamadjido

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Kendalikan Inflasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, Sulawesi Tengah, pantau rantai pasok kebutuhan pangan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido di Palu, Selasa 13 September 2022.

“Bersama dengan Dinas Keamanan Pangan Sulawesi Tengah, kami memantau ketersediaan bahan baku di pasar dan mengambil tindakan strategis selain upaya pengendalian,” ucap Reny A Lamadjido.

Ia menjelaskan, penting untuk menjaga rantai pasokan bahan pokok agar tidak menyebabkan fluktuasi harga bahan pokok, karena sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan harga, meskipun hal ini masih terjadi pada harga-harga di kategori normal.

Selain pantau ketersediaan rantai pasok pangan, Pemkot Palu juga melakukan kajian teknis terkait dampak kenaikan harga BBM bersubsidi, karena tidak menutup kemungkinan penyesuaian harga BBM berdampak pada harga bahan pokok.

“Hal ini tentunya menjadi perhatian Pemkot Palu dan pihak terkait lainnya untuk melakukan pengendalian bersama karena inflasi yang tinggi tentunya berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional,” kata Reny.

Ia juga menjelaskan strategi menekan pencongkelan harga untuk kebutuhan pokok masyarakat, terutama melalui operasi pasar yang melibatkan distributor, pedagang, dan otoritas pangan Perum Bulog.

Baca: Ancaman Dijerat Pidana, Hacker Bjorka Bobol Data Surat Jokowi

“Langkah ke depan yang penting, kami tidak ingin Kota Palu menggambarkan Provinsi Sulawesi Tengah sebagai penyumbang inflasi daerah yang tinggi. Kita harus bertindak strategis,” kata Reny.

Sebelumnya pada Konferensi Pengendalian Inflasi Online, Presiden meminta pemerintah daerah untuk berkolaborasi dalam upaya pengendalian dengan mengefektifkan kerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan menjaga rantai pasokan pangan.

“Langkah yang kami lakukan tentunya menjalin komunikasi lintas sektor dengan para pihak agar rantai pasokan bahan baku tetap stabil,” kata Reny. (*/Ikh)

Baca: Waspada Hujan Lebat, BMKG Himbau Pemkab Sigi Siaga Bencana

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.