Pemda Parigi Moutong Gelar Konsultasi Publik RPD 2024-2026

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai membuka kegiatan forum komunikasi penyusunan RPD tahun 2024-2026. (Foto/Prokopim Parigi Moutong)

Berita , gemasulawesi – Sebagai langkah awal dalam persiapan penyusunan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Pemerintah Daerah (Pemda) , dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) , gelar Konsultasi Publik Rancangan RPD tahun 2024-2026.

Kegiatan Konsultasi Publik Rancangan RPD tahun 2024-2026 ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Badrun Nggai, SE dan dihadiri oleh seluruh OPD, Para Camat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten dan Ketua KNPI, TP-PKK.

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan bahwa memasuki tahun 2023 akan menjadi tahun yang penting baginya karena terkait dengan berakhirnya RPJMD serta berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati.

Diperlukan forum khusus untuk menyusun rencana daerah 2024-2026 guna mengisi kekosongan dokumen perencanaan menengah Kabupaten , sesuai arahan menteri dalam negeri nomor 52 tahun 2022.

Baca: Pemda Parigi Moutong Beri Peralatan Usaha Bagi 42 UMKM Produktif

Dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Tahun 2024-2026 disusun dengan tujuan untuk memberikan dokumen awal perencanaan pembangunan daerah yang dapat digunakan sebagai acuan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) rencana strategis perangkat daerah (renstra pd) dan rencana kerja perangkat daerah (renja pd).

Wabup berharap dapat menyampaikan bahwa forum ini dapat dijadikan tonggak bagi pemerintah daerah untuk selalu berkoordinasi antara instansi pemerintah, masyarakat dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan pembangunan dalam merumuskan program dan prioritas pembangunan kegiatan sesuai kebutuhan.

Ia mengingatkan lagi bahwa pada forum selanjutnya, seluruh perangkat daerah harus memperhatikan prioritas program dan kegiatannya, baik memperhatikan aspek fungsi dan kewenangan, maupun pendanaan agar cepat mensinergikan sumber dana oleh Pemerintah Pusat (APBN), APBD Provinsi dan APBD Kabupaten .

Baca: Pemda Parigi Moutong Kucurkan Bonus Atlet Porprov Rp 995 Juta

“Saya berharap melalui forum ini semua dapat bekerja sama dengan baik sehingga proses pembangunan menuju kabupaten unggulan tahun 2024-2026 dapat berjalan lancar dan harmonis,” harapnya. (*/Ikh)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.