Pemkot Palu Jadwalkan Monitoring Penyaluran BLT BBM

waktu baca 2 menit
Penyaluran BLT BBM (Ilustrasi Gambar)

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, jadwalkan monitoring penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) juga bantuan sosial tunai sembako pada minggu ini bersama PT Pos Indonesia.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kota Palu Romy Sandy Agung saat dihubungi di Palu, Jumat 16 September 2022.

“Kami sudah menjadwalkan pertemuan dengan Kantor Pos Sulawesi Tengah dan Pembantu Program Keluarga Harapan (PKH) minggu depan untuk membahas kendala monitoring di lapangan selama penyaluran BLT BBM,” ucap Romy Sandy Agung.

Ia menjelaskan, evaluasi merupakan salah satu tahapan penting dalam mengawasi penyaluran bansos sesuai petunjuk teknis pelaksanaan yang dikeluarkan Kementerian Sosial (Kemensos).

Tujuan penilaian adalah bagian dari upaya percepatan, yang mencakup memastikan penyaluran akurat, tepat waktu, dalam jumlah yang tepat, dan dengan pengelolaan administrasi yang tepat.

“Kami belum menerima laporan gagal bayar, yang berarti penyaluran berjalan normal hingga tanggal 13,” kata Romy.

Menurut data Kantor Pos Cabang Palu per 14 September 2022, penyelesaian penyaluran BLT-BBM dan bantuan tunai sembako di wilayah tersebut mencapai 95 persen atau 16.401 keluarga dari alokasi 17.284 rumah tangga sasaran.

Untuk itu, ia meminta Posko untuk segera menyelesaikan pembayaran kepada 883 rumah tangga terpilih yang menggunakan tiga sistem dalam proses penyalurannya, yakni program rumah ke rumah khusus untuk penerima manfaat penyandang disabilitas, lanjut usia (lansia), dan penerima manfaat yang sakit.

Baca: 10 Sekolah Terdampak Banjir di Luwu Utara Terima Bantuan

Skema berikut adalah pembayaran di kantor pos yang diatur sesuai jadwal masing-masing Kelurahan dan Kecamatan, serta pembagian atau distribusi masyarakat oleh petugas PT Pos untuk keluarga sasaran di daerah terpencil.

“Paling tidak, dukungan ini dapat melayani ketahanan ekonomi masyarakat dengan menyesuaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi,” ucap Romy. (*/Ikh)

Baca: Tangani Stunting, Dinkes Parigi Moutong Gandeng Apoteker

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.