Pemkot Palu Perkuat Kepemimpinan Perempuan di Dunia Kerja

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Pemkot Palu perkuat kepemimpinan perempuan (Foto ilustrasi/Pixabay)

Berita , gemasulawesi – Pemerintah Kota (Pemkot) , Provinsi , perkuat kapasitas kepemimpinan di dunia kerja diberbagai sektor melalui pelatihan peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan dan Perlidungan Anak (DP3A) Kota Yudhi Riyani Firman saat menghadiri pelatihan perkuat kepemimpinan tenaga kerja bersertifikat di , Senin, 12 Desember 2022.

“Saat ini, peran di dunia kerja, baik di sektor swasta, semakin meningkat. Itulah yang dimaksud dengan kesetaraan gender,” ucap Yudhi Riyani Firman.

Ia menjelaskan bahwa pelatihan tidak terlepas dari upaya peningkatan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan, serta perubahan perilaku terkait isu atau permasalahan gender.

Baca: Pemkot Palu Salurkan Bantuan Bagi Korban Gempa Cianjur

Oleh karena itu, komitmen pemerintah lebih ditekankan pada pengurangan ketidaksetaraan gender untuk melanjutkan kemajuan bangsa sejalan dengan tujuan 5 SDGs.

“Salah satu upaya untuk mendukung langkah tersebut adalah dengan meningkatkan kepemimpinan di sektor dunia kerja, baik di sektor publik maupun swasta,” kata Riyani.

Menurutnya, kepemimpinan di berbagai sektor dapat mendorong perekonomian, memperkuat ketahanan pangan, dan menciptakan ruang bagi generasi sekarang dan mendatang.

Baca: Pemkot Palu Prokes dan Vaksinasi Upaya Pencegahan Covid-19

Ia mengatakan, adalah orang yang sangat luar biasa, karena yang bisa melakukan segala sesuatu dalam waktu bersamaan berarti sudah mampu melakukan suatu pekerjaan dengan sempurna, dan ini termasuk kriteria jiwa seorang pemimpin.

Ia berharap pemberdayaan sumber daya manusia dapat meningkatkan kualitas kepemimpinan dalam konteks kesetaraan gender serta mengembangkan dan memperluas wawasan pemenuhan peran kepemimpinan dalam suatu organisasi atau lembaga.

Menurut Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (PPPA), ada lima hak utama yang harus dipenuhi di lingkungannya, yaitu hak atas pekerjaan yang sama dengan laki-laki, hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak untuk menikah dan berkeluarga serta hak dalam kehidupan publik dan politik.

Baca: Pemkot Palu Salurkan Bantuan Logistik Korban Kebakaran Pasar Masomba

“Pemerintah Kota sangat konsisten dalam memantau dan melindungi dan anak karena mereka adalah kelompok rentan yang setiap saat berisiko mengalami kekerasan atau pelecehan,” pungkas Riyani. (Ikh/Dn)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.