Puluhan KK Terdampak Banjir di Kabupaten Luwu Utara

waktu baca 2 menit
Ilustrasi Gambar

Berita , gemasulawesi – Puluhan kepala keluarga (KK) di , Provinsi , terkena dampak banjir yang terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi pada Senin, 04 Juli 2022.

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari diketerangan tertulisnya Rabu 06 Juli 2022.

“Kejadian ini tak terhindarkan karena sistem drainase di daerah itu sedang dibangun sehingga saluran air tidak bekerja dengan lancar,” ucap Abdul Muhari, Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dalam keterangan tertulis, Rabu 06 Juli 2022.

Dikatakannya, desa yang terkena dampak adalah desa Cenda Putih di Kecamatan Mappadeceng. Pihaknya menerima laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bahwa puluhan Kepala Keluarga (KK) terkena dampak banjir diketahui 76 rumah warga dan 87 hektar sawah juga kena imbas banjir tersebut. Dilaporkan bahwa sektor komunikasi dan jaringan listrik tidak terganggu. Hasil pantauan di lapangan, lanjutnya, kondisi banjir sudah surut. Para warga telah kembali beraktivitas dan situasi terkendali.

Baca: Dugaan Penganiayaan Anak Diatas Kapal, Polisi Makassar Dalami Kasus

Namun, dia menjelaskan, BPBD bertujuan untuk berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengantisipasi kemungkinan banjir susulan.

“Hal ini dirasa perlu mengingat prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tiga hari ke depan, ada kemungkinan hujan ringan hingga sedang di wilayah Luwu Utara,” ucapnya.

Mengacu pada informasi tersebut, BNPB meminta seluruh komponen pembuat kebijakan daerah dan masyarakat untuk mengantisipasi kemungkinan adanya banjir susulan yang dapat dipicu oleh faktor cuaca. Penyebaran informasi melalui grup WhatsApp dan jaringan lokal juga dapat ditingkatkan untuk memberikan informasi peringatan dini kepada masyarakat untuk mempersiapkan upaya evakuasi mandiri. (*/Ikh)

Baca: Dinilai Tidak Transparan, Warga Desak BPD Soroti BUMDes Bambalemo

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.