Sambut Festival Teluk Tomini, Pemda Parigi Moutong Akan Gelar Kegiatan

waktu baca 3 menit

Berita , gemasulawesi – (FTT), Pemerintah Daerah , akan menggelar rangkaian kegiatan dari bulan Oktober hingga bulan November 2022 pasca Pandemi Covid-19.

Festival Teluk Tomini (FTT) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten sejak tahun 2013.

Festival ini bertujuan untuk memperkenalkan Teluk Tomini sebagai salah satu daerah di Sulawesi Tengah yang kaya akan destinasi wisata dan keanekaragaman budaya bagi seluruh masyarakat. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan perekonomian kota dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) .

Hal itu dijelaskan Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) , Muhammad Rusmin SSos MAP kepada awak media, Jumat 08 Juli 2022.

Baca: Ratusan Sapi di Makassar Dinyatakan Tidak Layak Qurban

“Kalau kita bicara tentang Festival Teluk Tomini ini memang sudah ada di agenda kita dalam kalender event karena setiap tahun kita mengadakan acara tersebut sesuai dengan rekomendasi atau usulan kami di tingkat Provinsi dan pusat,” ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut Rusmin, juga pada tahun ini pemerintah sedang mempersiapkan penyelenggaraan FTT 2022 melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata selaku pelaksana teknis kegiatan FFT tersebut.

Ia menjelaskan, untuk persiapan acara , sesuai petunjuk kegiatan rapat kami sebelumnya, bersama bupati dengan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) kami dari bidang teknis, yang sebenarnya merupakan leading sektor bagi kami, untuk itu kami menyiapkan hal-hal yang diperlukan dalam kegiatan tersebut.

Menurut Rusmin, FTT 2022 akan memiliki 6 rangkaian acara, yaitu Paralayang Internasional, Kedua Equator Run 10 KM, Lomba Tomini Fashion Karnaval ke-3, Festival Musik 2 Warna ke-4, Lomba Kuliner ke-5 dan Ke-6 Pemilihan Putra Putri (Bahari Teluk Tomini).

Adapun pelaksanaan FTT, menurut Rusmin direncanakan Oktober-November tahun ini.

“FTT InsyaAllah, jika tidak ada kendala, Pemerintah Daerah akan melaksanakannya mulai Oktober hingga November,” ucapnya.

Rusmin menambahkan, diadakan acara sementara untuk rundown yang diawali atau dibuka dengan acara Equator Run 10KM dan diakhiri dengan acara Paralayang Internasional.

Ia menjelaskan, untuk puncak acaranya, kegiatan paralayang internasional (final). Pembukaannya nanti bisa di event Equator Run 10KM insya Allah. Rangkumannya sementara, tapi kami masih minta petunjuk pimpinan. Dalam hal ini Bupati setuju dengan tanggal yang kami tetapkan.

Rusmin berharap pelaksanaan FTT tahun ini berhasil dan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten pasca pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, kami berharap Event FTT bisa sukses. Kedua, bagaimana rangkaian kegiatan ini dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Kabupaten pada khususnya, dengan kegiatan seperti paralayang, Equator bisa menjadi kekuatan untuk menarik kunjungan wisatawan ke dan juga bisa mendukung atau mendongkrak pertumbuhan ekonomi pasca pandemi Covid-19, insya Allah,” ujarnya. (*/Ikh)

Baca: Jelang Tahun Ajaran Baru, BPBD Makassar Desinfeksi Puluhan Sekolah

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.