Syarat Perjalanan Kini Wajib Vaksin Booster, PCR Antigen Dihapus

waktu baca 2 menit
Foto/Istimewa

Berita Nasional, gemasulawesi – Syarat bagi pelaku perjalanan dalam negeri kini telah diperbahrui, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyampaikan bahwa pemerintah mewajibkan vaksin booster dan tes PCR atau antigen sudah tidak lagi menjadi syarat perjalanan.

Hal itu diungkapkan Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara pemerintah untuk Pengananan Covid-19 Wiku Adisasmito.

“Orang yang belum memenuhi status vaksinasi diperbolehkan untuk menunda perjalanan domestik dan mencari pusat vaksinasi terdekat untuk melanjutkan perjalanan domestik,” ucap Wiku Adisasmito.

Wiku mengatakan aturan baru tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 24 Tahun 2022 tentang Peraturan Bagi Orang Dalam Negeri Melakukan Perjalanan di Masa Pandemi
Covid-19.

Ia mengatakan, penyesuaian kebijakan yang dilakukan terangkum dalam SE No. 24 Tahun 2022, yaitu dengan syarat perjalanan orang dapat bepergian tanpa tes jika telah menerima vaksin booster minimal 18 tahun dan untuk orang yang berusia di atas 16 tahun telah menerima vaksinasi kedua pada usia 17.

Baca: Huntara Korban Banjir Torue Mulai Dibangun Pekan Depan

Menurut dia, orang dengan kondisi medis khusus atau penyakit penyerta yang menghalangi wisatawan mendapatkan vaksin dibebaskan dari persyaratan vaksinasi, tetapi harus melampirkan surat keterangan medis dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan tidak dapat menerima vaksinasi dari vaksin Covid-19.

Meskipun ada pengecualian untuk tes wajib bagi wisatawan, Wiku melanjutkan, pemerintah berkomitmen untuk melakukan pengawasan aktif melalui jaringan otoritas kesehatan daerah sebagai tindakan pencegahan. Melalui kebijakan ini, lanjutnya, pemerintah bermaksud meningkatkan cakupan imunisasi.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menghimbau kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan edukasi masyarakat di daerahnya masing-masing tentang manfaat vaksinasi terhadap Covid-19 dalam merespon peningkatan kasus Covid-19. (*/Ikh)

Baca: KM Teman Niaga Tenggelam, 4 KRI DiKerahkan Cari ABK Hilang

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.