Tingkatkan Omzet, Perindag Parigi Tambah Fasilitas Pasar

waktu baca 2 menit
Pasar Sentral Parigi Moutong

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Tingkat omzet, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah tambah fasilitas pasar tradisional di ibu kota kabupaten di wilayah itu guna memenuhi kebutuhan pedagang.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perindag Parigi Moutong Moh Yasir saat penyerahan sejumlah bantuan fasilitas di Pasar Sentral Parigi, Selasa 23 Agustus 2022.

“Pembangunan untuk pedagang Pasar Induk di Parigi Moutong dibantu oleh Bank Pembangunan Daerah/Bank Sulteng melalui dana tanggung jawab sosial,” ucap Moh Yasir.

Dia menjelaskan, pembangunan fasilitas pasar tradisional menghabiskan biaya Rp 600 juta untuk memberikan kemudahan kepada pedagang sebagai bentuk perhatian pemerintah.

Oleh karena itu dengan dibangunnya los baru ini diharapkan semakin banyak warga yang berkunjung sehingga aktivitas jual beli di pasar sentral Parigi semakin meningkat dan berdampak positif bagi para pedagang kecil.

“Tempat ini khusus menjual sayuran basah dan berbagai kebutuhan sehari-hari,” kata Yasir.

Namun, menurutnya, pemanfaatan pasar tradisional di ibu kota kabupaten Parigi Moutong ini belum maksimal, karena masih banyak los dan lapak yang belum ditempati pedagang.

Oleh karena itu, untuk memperlancar mobilitas kunjungan ke fasilitas yang disediakan oleh pemerintah, diperlukan dukungan semua pihak, agar suasana pasar lebih dinamis.

Sebagai peran dan fungsi pasar dari sudut pandang ekonomi, yaitu sebagai tempat yang strategis untuk memfasilitasi proses distribusi barang atau jasa dari produsen ke konsumen dalam rangka menciptakan kegiatan ekonomi yang dinamis.

Baca: Gubernur Sulawesi Selatan Bakal Subsidi Harga Tiket Pesawat

“Salah satu cara uang bergerak melalui suatu daerah dapat dilihat dari tingkat aktivitas dan mobilitas kunjungan pasar. Oleh karena itu, kami terus melakukan perubahan agar pedagang dan warga sebagai konsumen memanfaatkan pasar secara maksimal sebagai tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari,” tambah Yasir.

Pada kesempatan itu, Bank Sulteng juga menyerahkan sekitar 22 unit sepeda motor roda tiga untuk dijadikan sasaran pengangkutan sampah, melalui Dana Tanggung Jawab Sosial.

Yasir mengatakan, dua unit kendaraan ini diserahkan kepada Pemkab Parigi dan Ormas Pemuda Alkhairaat untuk pengelolaan kebersihan, yang secara simbolis diserahkan oleh Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai. (*/Ikh)

Baca: Dua Warga Makassar Diduga Cacar Monyet Usai Pulang Jakarta

Ikuti Update Berita Terkini Gema Sulawesi di: Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.