Dua Warga Makassar Diduga Cacar Monyet Usai Pulang Jakarta

waktu baca 2 menit
Ilustrasi gambar

Berita Kesehatan, gemasulawesi – Dua warga Makassar diduga terindikasi suspek cacar monyet atau Monkeypox, telah menjalani perawatan di Rumah Sakit Pendidikan Unhas Makassar dan Rumah Sakit Umum Provinsi Sulawesi Selatan Labuang Baji usai perjalanan dari Jakarta.

Hal itu diungkapkan kabid P2P Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Erwan Tri Sulistyo, Selasa 23 Agustus 2022.

“Ya, ada dua orang yang dirawat di RS Unhas dan Labuang Baji. Dugaan saja (cacar monyet),” ucap Erwan Tri Sulistyo.

Setelah mendapat informasi bahwa warga memiliki gejala cacar monyet, Erwan menjelaskan, pihaknya langsung melakukan pemeriksaan, mengumpulkan sampel untuk diperiksa di Jakarta.

Ia mengatakan, belum dikonfirmasi, pihaknya saat ini mengambil sampelnya saja lalu kirim ke Jakarta. Saat ini masih belum terkonfirmasi.

Saat ini, Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan telah melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus Cacar Monyet di Sulawesi Selatan.

“Mendengar informasi itu, dilakukan tindakan, petugas langsung menyiapkan sampelnya untuk dikirim ke Jakarta. Jika dikonfirmasi positif, kami akan segera melakukan pelacakan dan kemudian menyelidiki kemungkinannya. Jika Pasien itu positif, kami sudah Lakukan tindakan pencegahan untuk mencegah penyebaran,” katanya.

Ia mengatakan, kedua pasien dengan gejala cacar monyet itu masih dirawat di intensif.

Erwan menjelaskan, warga Makassar yang saat ini sedang menjalani perawatan medis di RS Pendidikan Unhas memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca: Deformasi Lempeng Laut Maluku, Picu Gempa M 5,1 di Sulut

“Pasien adalah pria berusia 36 tahun dari Jakarta, jas yang bersangkutan terasa tidak nyaman di tubuhnya,” kata Erwan.

Karena merasa tidak nyaman dengan tubuhnya, kata Erwan, pasien langsung memeriksakan diri ke dokter, namun tidak merasakan adanya perubahan setelah melakukan pemeriksaaan.

Erwan mengatakan, dia mengalami ruam di sekujur tubuhnya, lalu berobat ke dokter, tapi tidak ada perubahan, jadi dibawa ke RS Unhas. Saat itu dinyataka sebagai diduga mengalami gejala cacar monyet. (*/Ikh)

Baca: Gubernur Sulawesi Selatan Bakal Subsidi Harga Tiket Pesawat

Ikuti Update Berita Terkini Gema Sulawesi di: Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.