Wisata Tabingga Hills Sulteng, Butuh Perawatan

waktu baca 2 menit
Foto: Seorang pengunjung nampak berfoto berlatar wisata tabingga hills, Jumat 19 September 2020/RahmiFoto)

Berita sulawesi tengah, gemasulawesi– Wisata Tabingga Hills Kabupaten Sigi Provinsi Sulteng membutuhkan perawatan.

“Tempat ini suasananya masih alami. Namun, perlu diperbaiki fasilitasnya. Dan tanaman-tanamannya perlu ditata rapi lagi, karena ada beberapa yang mulai mati,” ungkap salah satu pengunjung wisatawan lokal, Ria di spot Wisata Tabingga Hills, Jumat 18 September 2020.

Selain itu, perlu adanya penerapan protokol kesehatan, seperti cuci tangan yang perlu disediakan ketika masuk area wisata.

Sama seperti pengunjung lainnya, Haslinda juga mengatakan hal serupa. Bahkan, perlu adanya perbaikan jalan menuju tempat wisata itu.

“Jalan menuju ketempat wisata  kurang bagus,”  tuturnya singkat.

Banyak fasilitas perlu ditambah, misalnya tempat duduk bagi wisatawan dengan pola penataan yang baik.

Ia berharap pemerintah dapat memperhatikan spot wisata alternatif yang berada di sekitaran Kota Palu. Untuk lebih dikembangkan lagi sehingga bisa dilirik wisatawan asing.

Sementara itu, pengelola lokasi Wisata Tabingga Hills Sigi Sulteng Abdul Karim mengatakan, terkait usulan wisatawan pengunjung, akan menjadi perhatian pemilik.

“Tempat wisata ini baru dibuka bulan Agustus 2020. Dan pemiliknya seorang dokter yang bekerja di Rumah Sakit Umum Anutapura. Saya hanya membantu dalam mengelola dan menjaga tempat ini,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya tempat wisata ini warga yang berada disekitar tempat wisata merasa terbantu secara finansial.

Ia melanjutkan, tempat wisata ini dibuka setiap hari dengan tarif masuk Rp 10 ribu dan biaya parkir kendaraan Rp 5 ribu per orang. Serta ada penambahan tarif untuk warga yang melakukan camping ditempat ini.

“Wisata ini dibuka mulai pukul 8 pagi hingga pukul 6 Sore. Biasanya, pengunjung dalam sehari mencapai 100 orang. Khusus hari sabtu dan minggu biaya tarifnya Rp 15 ribu per orang. Sedangkan, untuk yang ingin camping ditempat ini dibuka 24 jam dan ada penambahan tarif Rp 5 ribu, totalnya  20 ribu per orang,” urainya.

Diketahui, Taman Bunga Matahari Tabingga Hilss, lokasinya berada di desa Uwemenje, Kinovaro Kabupaten Sigi Sulteng.

Suasana yang natural menjadi daya tarik pengunjung ke tempat wisata Taman Bunga Matahari Tabingga Hills.

Laporan: Siti Rahmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.