80 Rumah Tahan Gempa Cianjur Bakal Selesai Akhir Tahun 2022

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, hari ini. Desa ini jadi salah satu lokasi yang jadi tempat relokasi bagi warga terdampak gempa Cianjur. (Foto/Facebook Presiden Joko Widodo)

Berita Nasional, gemasulawesi – 80 Risha (Rumah Instan Sederhana Sehat) di tempat relokasi korban gempa bumi, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, bakal selesai akhir tahun 2022.

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto di Cianjur, Jawa Barat, Minggu 11 Desember 2022.

“Sesuai janji saya dengan Presiden RI dan mohon restunya, kami berharap dapat menyelesaikan 80 unit pertama RISHA pada akhir Desember tahun ini dapat diselesaikan di Cianjur,” ucap Iwan Suprijanto.

Iwan berharap infrastruktur, sarana dan prasarana pelayanan (PSU) di lokasi pemukiman kembali juga dapat dibangun sehingga pada Tahun Baru 2023 diperkirakan 80 KK terdampak mulai dari lokasi pengungsian dapat pindah ke tempat relokasi itu.

Baca: BMKG Sebut Gempa Cianjur Timbulkan Patahan Baru

Ia mengatakan, sisanya bisa selesaikan pada minggu ketiga Januari tahun depan agar kawasan ini bisa dihuni sepenuhnya oleh para korban pada akhir Januari.

Ivan menjelaskan bahwa area pemukiman kembali dinyatakan clear and clean. Jelas karena justifikasi BMKG bahwa daerah ini berada di wilayah yang aman dan tidak melewati patahan gempa atau zona rawan bencana lainnya.

Berdasarkan alasan Badan Geologis, lahan pemukiman kembali juga terletak pada topografi yang aman dan dapat dibangun.

Baca: Pemkot Palu Salurkan Bantuan Bagi Korban Gempa Cianjur

“Sementara dari sisi pemerintah daerah, lokasi pemukiman kembali ini juga sejalan dengan rencana kawasan perumahan dan pemukiman, karena kami melihat banyak perumahan di sini,” ucap Iwan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebelumnya menargetkan pembangunan rumah warga yang rusak parah atau roboh akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat, akan selesai menjelang Lebaran 2023.

Kementerian PUPR, katanya, telah menyiapkan lahan untuk relokasi kembali di dua lokasi, yakni lahan seluas 2,5 hektar di Cilaku dan lahan seluas 30 hektar di Mande, Cianjur.

Baca: Sebanyak 8.341 Rumah Korban Gempa Cianjur Akan Diperbaiki

Relokasi lahan di Cilaku saat ini sedang berlangsung untuk sekitar 200 unit RISHA dengan bangunan tahan gempa.

Di lahan yang terletak di Mande, Kementerian PUPR telah mulai land clearing untuk pembangunan sekitar 2.400 rumah. (*/Ikh)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.