Bantu Penderita Refraksi, IROPIN Sulteng Bagikan Kacamata Gratis

waktu baca 2 menit
Ket Foto: IROPIN Bagikan Kacamata Gratis kepada Ojol (Foto/Ilustrasi Gambar)

Berita , gemasulawesi – , Organisasi Ikatan Profesi Otometris Indonesia (IROPIN), pengurus Cabang (Sulteng) bagikan kacamata gratis sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di daerah tersebut.

Hal itu diungkapkan Ketua IROPIN Pengda (Sulteng) Asep Mulya, saat dihubungi di , Sabtu 24 September 2022.

“Kacamata yang akan kita bagikan ini disesuaikan untuk penderita kelainan refraksi. Pertama kita akan melakukan pemeriksaan,” ucap Asep Mulya.

Ia menjelaskan keberadaan IROPIN di masyarakat sebagai organisasi nirlaba yang mengabdikan diri pada profesi dan kemanusiaan yang mandiri, bebas dan bertanggung jawab, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan sebagai Ketiniksian Medis.

Untuk itu, dalam rangka HUT IROPIN ke-50 tahun 2022, pihaknya memberikan bakti sosial untuk membantu masyarakat kurang mampu, khususnya yang memiliki kelainan refraksi mata.

“Saat ini kami ingin berbagi. Dari lebih dari 1.000 siswa di SMP 2 yang ditargetkan, sekitar 100 lebih hasil ujian awalnya memiliki kelainan refraksi, dan kami segera menyediakan bagi yang membutuhkan kacamata,” kata Asep.

Dalam bakti sosial kali ini pihaknya menyasar siswa SMP, pelaku ojek online (Ojol) dan lansia Pelita Hati di Kabupaten Sigi.

Ia mengatakan, khusus untuk siswa SMP, pemeriksaan lanjutan pemeriksaan siswa di SMP Negeri 2 masih terus dilakukan. Tujuannya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mata dan bagikan kacamata gratis pada 13 Oktober, di puncak hari ulang tahun IROPIN.

Ia menambahkan bahwa tidak ada nomor tujuan ojek online karena berkomunikasi dengan perusahaan Ojol yang mengutamakan mereka yang memiliki masalah mata atau penyakit mata.

Baca: IKN Nusantara Prioritaskan Mobilitas Pejalan Kaki

Ninik, direktur SMP Negeri 2 , mengatakan para siswa sangat antusias dengan pemeriksaan mata IROPIN, sekitar 100 siswa akan mendapatkan kacamata.

Menurut dia, bakti sosial ini memberikan dampak positif bagi para pelajar, terutama mereka yang memiliki keterbatasan finansial untuk mencapai kesehatan mata, karena mata merupakan salah satu indera yang paling penting.

“Kami sangat bersyukur ada pihak yang peduli dengan kesehatan mata. Kita tahu bahwa bagi mereka yang menderita refraksi, harga kacamata cukup tinggi. Siswa kami menerima kacamata gratis, kami berterima kasih atas bantuan ini dan berharap ini akan menjadi ladang pahala untuk tim IROPIN, ” pungkas Ninik. (*/Ikh)

Baca: PNM Lakukan Pendampingan Nasabah Mekaar di Sulawesi Utara

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.