Hadapi Liburan Natal dan Tahun Baru, Pelabuhan Makassar Antisipasi Lonjakan Penumpang

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Foto Ilustrasi (Foto/Facebook Pelayaran Nasional Indonesia)

Berita Sulawesi Selatan, gemasulawesi – Hadapi lonjakan penumpang di liburan dan (Nataru), Direktur Pengelola PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Terminnal Penumpang Anging Mammiri, , Putut Sri Muljianto memantau kesiapan Pelindo Regional 4 Makassar.

Pada kesempatan tersebut, Diektur Pengelola Pelindo bersama PT Pelayaran Indonesia (Pelni), Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut, Yossianis Marciano, didampingi oleh Division Head Operasi Regional 4 Pelindo, Yusida M Palesang dan General Manager Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid, melakukan sidak untuk mengecek kesiapan Terminal Penumpang dalam menangani mudik Nataru kali ini.

“Dalam sidak kali ini, kami akan mengecek satu per satu fasilitas pendukung untuk memastikan kesiapannya, seperti ruang VIP, ruang menyusui, toilet, dan ruang tunggu di Terminal 1 dan Terminal 2 di ,” kata Putut, Jumat 9 Desember 2022.

Selain itu, sebagai bagian dari kerja sama peningkatan kualitas pelayanan bagi penumpang kapal, Pelindo dan Pelni berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan khususnya kargo.

Baca: Pekerja Jaringan Internet Tewas Tersengat Listrik di Balaikota Makassar

Kapal Pelni mengangkut dua jenis barang, yaitu barang resi dan bagasi penumpang.

Proses saat ini dinilai masih belum efisien, dimana antara barang dan bagasi masih dipisahkan melalui dua rute yang berbeda, dengan resiko barang tercecer atau hilang.

“Makanya kami yakni Pelindo dan Pelni juga berkoordinasi dalam kunjungan ini untuk menyelaraskan persepsi terkait alur standard operating procedure atau SOP penanganan kiriman tersebut,” katanya.

Baca: Pemkot Makassar Bentuk Unit Layanan Pekerja Disabilitas

General Manager Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid menambahkan, alur pengelolaan barang akan sama ke depan, yakni melalui area konsolidasi yang ditentukan bersama, yakni gudang 104.

Suhadi mengatakan, struk atau barang bawaan penumpang pun semuanya diimbangi dengan area konsolidasi agar aman dan nyaman, serta pergerakan barang terpantau dengan baik.

Direktur Pengelola beserta rombongan juga mengunjungi RTS (Ruang Tunggu Sementara) yang dibangun Pelindo untuk memberikan pelayanan tambahan kepada penumpang yang menunggu kedatangan kapal atau transit antar kapal (selama 24 jam).

Baca: Upah Minimum Kota Makassar Tahun 2023 Naik 6,9 Persen

Usai kunjungan lapangan, rombongan menggelar diskusi bersama di ruang rapat serbaguna lantai 7 Kanwil 4 Pelindo untuk menyamakan persepsi, dan persiapan matang, cepat dan progresif karena arus penumpang dari Nataru diprediksi segera datang dan melonjak.

Selain itu, kondisi masyarakat pascapandemi membuat masyarakat kaget dan ingin segera pulang ke rumah setelah sekian lama diisolasi dengan protokol kesehatan 5M Covid-19. (*/Ikh)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.