Identitas Hacker Bjorka Diklaim Telah Terungkap

waktu baca 2 menit
Hacker Bjorka (Foto/Istimewa)

Berita Nasional, gemasulawesi – Identitas hacker Bjorka diklaim telah terungkap oleh pemerintah, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD telah menyatakan, bahwa Badan Intelejen Negara (BIN) dan Polri sudah mengantongi identitas asli dibalik nama anonim Hacker Bjorka tersebut.

Hacker Bjorka tetap menjadi nama rumah tangga di komunitas karena telah meretas dan berbagi data beberapa pejabat tinggi negara. Meskipun akun media sosialnya sering diblokir, Bjorka sering muncul dengan akun baru. Bjorka pun menjadi pusat perhatian dan hingga kini belum terungkap siapa dibalik peretas tersebut.

“Deskripsi pelaku sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri namun belum dirilis,” kata Mahfud MD saat konferensi pers, Rabu, 14 September 2022.

Tidak hanya identitas Hacker Bjorka yang telah terungkap, Mahfud MD juga mengklaim bahwa pihaknya juga telah mengambil alih lokasi dari Bjorka. Menurutnya, pihak berwajib sudah memiliki alat pelacak untuk melacak keberadaan peretas yang konon berasal dari Polandia. Ada beberapa petunjuk identitasnya bocor di media sosial.

Bjorka mengaku tinggal di Polandia, tepatnya di Warsawa, Polandia. Tercatat bahwa ia bergabung dengan Twitter pada September 2022. Namun, identitas situs bisa saja cuman jadi pengecoh saja. Bjorka kemudian mengatakan bahwa dirinya baru mendaftar di laman situs breached.to sejak 9 Agustus 2022.

Waktu online peretas hingga 14 September 2022 hanya tercatat 1 hari 15 jam 49 menit. Namun, reputasinya mencapai 573 dan ia menerima enam bintang. Dalam forum tersebut, Bjorka telah mengungkapkan berbagai data, termasuk klien Tokopedia, kartu SIM, dan klien Wattpad.

Baca: Oknum ASN di Sinjai Tendang Pengendara Wanita Diringkus Polisi

Sementara itu, dia juga menyebutkan bahwa dia punya teman dari Indonesia. Melalui akun Twitter pertamanya yang ditangguhkan, Bjorka pernah mengatakan bahwa dia memiliki hubungan emosional dengan Indonesia. Dia mengaku punya teman di Polandia yang menjadi korban politik Indonesia di masa lalu.

Di sisi lain, dikatakan juga bahwa tim gabungan masih bekerja untuk mengungkap identitas sebenarnya di balik nama Bjorka. Kabag Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo belum mau membeberkan lebih jauh hasil kerja tim gabungan Polri, BIN, BSSN, dan Kominfo. (*/Ikh)

Baca: Heboh Mayat Bayi Ditemukan Terbakar di Pasar Sentral Makassar

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.