Idul Fitri 2022 Jatuh Tanggal Berapa? Ini Keterangan Kemenag

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Ilustrasi

, gemasulawesi – Tak terasa bulan suci Ramadhan di tahun ini akan segera berakhir, namun menjelang berakhirnya Ramadhan, semakin banyak orang yang bertanya-tanya soal hari raya umat Islam 2022 jatuh pada tanggal berapa. Masyarakat menunggu karena saat penentuan 1 Ramadhan 2022, ada perbedaan antara Pemerintah dan Ormas .

Tanggal pasti untuk Hari raya Umat Islam 2022 belum dapat ditentukan saat ini. Pemerintah baru dapat menentukan 1 Syawal 1443 Hijriah setelah menggelar sidang isbat.

Perbedaan penetapan tanggal adalah sesuatu hal yang biasa terjadi di Indonesia, perbedaan tersebut sudah terjadi beberapa kali, namun tidak menimbulkan perpecahan.

Baca: Kemenag Jadwalkan Sidang Isbat Tentukan Hari Raya Idul Adha

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri, pemerintah telah menetapkan tanggal hari libur dan hari libur umum. Berdasarkan SKB yang ditandatangani ketiga menteri tersebut, 2022 jatuh pada 2-3 Mei 2022.

Meskipun sudah termasuk dalam Kalender , diketahui umat masih harus harus mengikuti keputusan sidang Isbat untuk memastikan tanggal . Publik harus terus menunggu keputusan proses Isbat seperti saat menunggu keputusan penetapan awal puasa Ramadhan 2022.

Baca:Parimo Siapkan Enam Titik Pos Terpadu Mudik Idul Fitri 1442 H

Bagi yang memiliki rencana liburan diharapkan memperhatikan perkiraan tanggal liburan antara 2-3 Mei 2022. Selain tanggal libur, perhatikan juga syarat mudik Lebaran 2022. Sidang Isbat menentukan tanggal berapa Lebaran 2022, berdasarkan hasil observasi menggunakan metode Rukyatul-Hilal.

Keterangan resmi Kementerian Agama pada Senin 25 April 2022 menyebutkan, hilal 2022 diperkirakan akan terlihat pada sesi Isbat yang akan digelar akhir pekan ini. Jika perkiraan ini benar, 2022 akan jatuh pada 2 Mei 2022, yang jatuh pada hari Senin. Artinya, perayaan lebaran bagi umat muslim kali ini akan sama dengan keputusan yang telah dikeluarkan oleh salah satu Ormas terbsesar di Indonesia yakni Muhammadiyah.

Muhammadiyah telah menetapkan bahwa 2022 jatuh pada tanggal 2 Mei 2022 dari awal Ramadhan. Kemenag meminta masyarakat bersabar menunggu hasil sidang isbat yang akan berlangsung Minggu depan. (aco)

Baca: Inilah 15 Hari Libur Nasional 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.