Jelang Pemilu, Pemkot Palu Beri Pendidikan Politik ke Masyarakat

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Kegiatan pendidikan politik kepada masyarakat di Palu (Foto/Facebook Mufida Sabir)

Berita , gemasulawesi – Jelang serentak 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) , Provinsi beri penguatan melalui ke masyarakat di daerah itu.

Sekretaris Daerah Kota Irmayanti Petalolo, saat menghadiri kegiatan yang diprakarsai Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) , Selasa, mengatakan, kegiatan itu dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan pembelajaran guna meningkatkan generasi muda, pentingnya perannya dalam setiap proses pemerintahan.

“Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan warga negara agar dapat berpartisipasi secara optimal dalam sistem politik demokrasi,” kata Irmayanti.

Ia menjelaskan, partisipasi politik tertuang dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2015 tentang jaminan negara dan perlindungan hak sipil dan politik warga negara, antara lain hak berekspresi, hak berserikat, hak memilih dan memilih hukum dan pemerintah dan hak atas keadilan.

Baca: Terima Kunjungan Investor, Pemkot Palu Bahas Energi Terbarukan

Selain itu, saat ini kita sedang menyambut pesta demokrasi pada tahun 2024, katanya, menyerahkan kedaulatan sepenuhnya di tangan rakyat.

“Oleh karena itu, lanjutnya, mensukseskan mendatang membutuhkan partisipasi warga negara,” katanya.

Irmayanti mengatakan, kita sebagai rakyat harus berkontribusi pada negara.

Baca: Pemkot Palu Ajak Semua Elemen Peduli Hak Anak

Sebagai warga negara yang baik, kita harus bermain sesuai aturan, patuh pada hukum.

Di sisi lain, negara melindungi rakyat, memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ia juga menjelaskan bahwa pendidikan kewarganegaraan dapat membangun masyarakat yang mandiri dan kritis serta meminimalisir konflik horizontal dalam masyarakat.

Baca: Pemkot Palu Gandeng UNDP Rekonstruksi Bangunan Pascagempa

Pemkot mengajak masyarakat untuk berperan aktif mendukung pemerintah daerah dalam mensukseskan berbagai program prioritas kepentingan masyarakat melalui .

Ia mengatakan bahwa ada 53 program jangka menengah yang diprioritaskan oleh Pemerintah (Pemkot) Kota dan tanpa dukungan masyarakat setempat, program tersebut tidak akan berjalan maksimal.

“Salah satu program yang saat ini sedang digenjot pemerintah adalah pembersihan menuju Adipura 2023,” pungkas Irmayanti. (Dn)

Editor: Muhammad Ikhsan

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.