Jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Tiba Senin Malam

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Keponakan almarhum Armia Putriana (Foto/Warta Kota)

Berita Nasional, gemasulawesi – Jenazah almarhum Ketua Dewan Pers Profesor Azyumardi Azra, sebelumnya menurut pihak keluarga bakal tiba di Indonesia dari Malaysia pada Senin malam, 19 September 2022.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia, Hermono, berencana untuk mengantar jenazah mendiang Profesor Azyumardi Azra dan menemani keluarga almarhum ke Tanah Air. Namun, duta besar tidak dapat memastikan kapan tepatnya jenazah itu dikembalikan.

Menurut Hermono, jenazah Almarhum Azyumardi Azra saat ini sedang dipersiapkan untuk dipulangkan ke Indonesia dan akan diberangkatkan ke Tanah Air setelah beberapa dokumen lengkap sebagai persyaratan membawa jenazah ke luar negeri hari ini.

“Sebagai Kepala Perwakilan Indonesia, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian dan dukungan sejak Azyumardi dirawat hingga wafatnya, termasuk mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang telah memfasilitasi pemulangan jenazah dan keluarganya ke Jakarta. ” ucap Hermono dalam keterangannya, yang
dikutip dari salah satu media online, Senin 19 September 2022.

Sebelumnya, pihak keluarga telah menyampaikan bahwa jenazah Profesor Azyumardi Azra akan tiba di Tanah Air dari Malaysia pada Senin malam, 19 September 2022.

Arminia Putriana keponakan Azyumardi Azra mengatakan, Insya Allah jika tidak ada perubahan lebih lanjut, mereka tiba di Indonesia pada Senin 19 September malam sekitar pukul 23.00 dan dimakamkan terlebih dahulu di rumah. Selasa 20 September paginya di shalatkan di UIN, pelepasan di UIN baru akan dimakamkan. Kami masih menunggu dari UIN apakah akan shalat di Masjid SC (student center) atau di aula.

Mengenai lokasi pemakaman, Armia mengatakan jenazah tetap akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

“Tetap tidak berubah, tetap di Makam Pahlawan Blok Z. Yang berubah hanya masalah waktu, doakan tidak ada perubahan lain,” kata Armia.

Sementara itu, lanjut Dubes Hermono, KBRI Kuala Lumpur memfasilitasi dan mendukung Azyumardi mulai dari perawatan di unit CCU RS Serdang Selangor hingga kepulangan ke Indonesia.

Sejak awal, KBRI Kuala Lumpur juga telah menghubungi pihak keluarga Azra mengenai perkembangan penanganan almarhum di RS Serdang.

Selain itu, juga memfasilitasi kedatangan istri dan anak almarhum di Kuala Lumpur pada Sabtu 17 September 2022 untuk menjenguk dan mendampingi mereka selama perawatan proses pemulangan jenazah.

Pemerintah Malaysia sangat memperhatikan perawatan dan proses pemulangan jenazah ke Indonesia.

Termasuk takziah dari berbagai tokoh Malaysia termasuk Anwar Ibrahim dan istrinya, Selangor DUN/MP Prof. Dr. Muhammad Nor Manuty dan beberapa Senator dan Anggota Parlemen.

Baca: Pemkot Makassar Bakal Siapkan Panggung Ekspresi Anak Lorong

Para tokoh tersebut menyempatkan waktu khusus untuk datang dan menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga dan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Hermono.

Hermono menyampaikan apresiasi atas perhatian berbagai tokoh dan anggota legislatif yang hadir di RS Serdang Selangor.

Ia mengatakan meninggalnya Profesor Azra telah menarik banyak perhatian publik dan media Malaysia karena dia dikenal luas sebagai intelektual Muslim terkemuka dan memiliki banyak teman di Malaysia.

Profesor Azyumardi Azra mengembuskan napas terakhir pada Minggu, 18 September 2022 pukul 12.30 waktu setempat di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia. (*/Ikh)

Baca: Peran Bidan Dalam Penurunan Angka Kematian Ibu dan Anak

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.