Jokowi Sibuk Urus Lampung: Penobatan Raja Charles III dan Permaisuri Camilla, Indonesia Diwakili Dubes

waktu baca 3 menit
Pakaian kebaya dan jas tradisional menjadi bagian Dubes Indonesia menghadiri penobatan Raja Charles III (foto/Instagram/Desra Percaya)

Nasional, gemasulawesi – Sibuknya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengurus pembangunan di Lampung tak menghalangi Indonesia untuk turut serta dalam acara penobatan dan .

Saat akan dinobatkan sebagai penguasa Inggris yang baru, tampaknya beberapa pemimpin dunia menghindari kehadirannya.

Baca Juga : Harry dan Meghan Diundang ke Penobatan Raja Charles di Tengah Konflik Panas Harry dan Pihak Kerajaan

Rusia, Belarusia, Myanmar, Afghanistan, Suriah, Venezuela, dan Iran dikabarkan tidak akan mengirimkan perwakilan dalam upacara megah tersebut.

Namun, Indonesia tetap memberikan perhatian yang tinggi dengan mengirimkan Duta Besar Desra Percaya untuk mewakili Presiden Joko Widodo.

Baca Juga : Raja Charles III Tidak Akan Tampil di Uang Kertas $5 Australia

Desra Percaya, Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris, akhirnya menerima kartu undangan yang sangat dinantikan untuk menghadiri upacara pemahkotaan .

Melalui akun Instagram pribadinya, Desra mengungkapkan kegembiraannya dan menegaskan, kehadirannya di upacara Coronation tersebut adalah atas amanah yang diberikan oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, untuk mewakili Presiden Jokowi.

Baca Juga : Mewah dan Eksklusif: Rayakan Penobatan Raja Charles III dengan Bantal Kabin Bentley Edisi Terbatas

Dalam sebuah acara kenegaraan seperti upacara pemahkotaan, protokol yang ketat harus diikuti untuk menjamin keselamatan, keamanan, dan kenyamanan para tamu negara yang hadir.

Menurut Desra Percaya, pengaturan detail terkait rute yang akan ditempuh para tamu biasanya baru diinfokan menjelang acara, demi alasan keamanan.

Baca Juga : Ratu Elizabeth II Tutup Usia, Pangeran Charles Naik Tahta

Terlebih lagi, bangunan Westminster Abbey dan Buckingham Palace berdekatan dengan jalan umum, sehingga perlu adanya rekayasa lalu lintas hingga 5 km dari kedua lokasi ini.

Semua persiapan dan pengaturan ini bertujuan untuk memastikan bahwa acara pemahkotaan dapat berjalan lancar dan sukses.

Baca Juga : 15 Fakta Angelina Jolie yang Dinobatkan Sebagai Aktris Hollywood dengan Bayaran Tertinggi

Akhirnya, Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya, dan istrinya, Diana Mawarsari, dijemput oleh petugas Istana Buckingham untuk menghadiri upacara pemahkotaan , Jumat 05 Mei 2023 waktu setempat.

Dalam suasana yang penuh dengan protokol kerajaan, Desra dan Diana tampil anggun dengan pakaian nasional Indonesia.

Diana tampak cantik dengan kebaya yang dibalut wastra Nusantara, yang sebelumnya ia kenakan saat mewakili Indonesia di upacara pemakaman Ratu Elizabeth II.

Desra Percaya, berharap agar era kepemimpinan dapat memperkuat persahabatan antara Indonesia dan Inggris yang telah terjalin selama 75 tahun.

Desra juga mengajak seluruh pihak, termasuk masyarakat Indonesia, untuk mendoakan kelancaran upacara pemahkotaan tersebut.

Semoga dengan doa dan usaha bersama, hubungan diplomatik antara Indonesia dan Inggris dapat terus berkembang dan saling menguntungkan di masa depan. (*/YN) 

Editor: Muhammad Azmi Mursalim

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.