Kain Khas Gorontalo Karawo Akan Dipamerkan di Ajang IFW

waktu baca 2 menit
Seorang pengrajin kain khas gorontalo karawo (Ilustrasi Gambar)

Berita Nasional, gemasulawesi – Kain khas Gorontalo Karawo akan dipamerkan di ajang Indonesia fashion Week (IFW) di Jakarta.

Hal itu diungkapkan ketua Dewan kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) provinsi Gorontalo Gamaria Purnamawati Monoarfa, di Gorontalo, Selasa 9 Agustus 2022.

“Kualitas sulaman kain khas Gorontalo karawo khususnya dari Gorontalo Utara sangat layak untuk dipublikasikan,” ucap Ketua Dewan Kerajinan Nasional Provinsi Gorontalo, Selasa (Dekranasda), Gamaria Purnamawati Monoarfa, di Gorontalo, Selasa 09 Agustus 2022

Gamaria menjelaskan Sulaman Karawo adalah sebuah karya seni yang luar biasa untuk dibanggakan secara nasional dan internasional. Dekranasda akan berjuang menampilkannya di ajang bergengsi seperti Indonesia Fashion Week.

Maka tugas Dekranasda Gorontalo adalah untuk mempromosikan dan lebih memajukan produk lokal ini agar dapat tampil sempurna di nusantara sebagai salah satu produk berkualitas Indonesia.

Ia mengaku sengaja mengunjungi pusat kerajinan karawo di Desa Leboto, Kecamatan Kwandang, Gorontalo Utara untuk melihat langsung aktivitas para pengrajin. Menurutnya, mereka (pengrajin) layak mendapat dukungan. Baik oleh Dekranasda maupun oleh pemerintah untuk menjadikan kegiatan tersebut lebih produktif, maju dan kreatif.

Baca: Realisasi Pembangunan Kawasan Perikanan Halal di Banggai

Maka tugas Dekranasda Gorontalo adalah untuk mempromosikan dan lebih memajukan produk lokal ini agar dapat tampil sempurna di nusantara sebagai salah satu produk berkualitas Indonesia.

Banyak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) telah tumbuh dan berkembang pesat. Sehingga ia berharap sulaman Karawo khas Desa Leboto menjadi salah satu produk unggulan.

Dekranasda bersama pemerintah akan terus hadir untuk mendukung, sebagaimana diketahui bahwa pelaku UMKM tidak bisa berjalan sendiri. Upaya, perjuangan, dan kreativitasnya yang berharga, kata dia, harus didukung oleh pemerintah melalui melahirkan regulasi yang mempermudah pelaku UMKM.

“Saya berharap mereka kita selalu diberi kesehatan untuk terus mendukung kegiatan ini,” tambahnya. (*/Ikh)

Baca: PDAM Makassar Diminta Tingkatkan Cakupan Layanan Air Bersih

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.