Realisasi Pembangunan Kawasan Perikanan Halal di Banggai

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Nelayan sedang menangkap ikan (Ilustrasi Gambar)

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Realisasi pembangunan kawasan industri perikanan halal di wilayah Kabupaten Banggai, Banggai Laut dan banggai Kepulauan, terkait Hal itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah mengupayakan agar segera mempercepat proses pembangunannya.

Tenaga ahli Gubernur Sulawesi Tengah M. Ridha Saleh mengatakan, realisasi pembangunan kawasan perikanan halal saat ini dalam tahap survei dan penyiapan lahan.

“Studi kelayakan dilakukan oleh tim dari pemerintah pusat dan daerah serta melibatkan beberapa pemangku kepentingan terkait lainnya,” ucap Ridha Saleh.

Ridha Saleh mengatakan, pengembangan kawasan industri perikanan halal merupakan implementasi dari visi Pemprov Sulawesi Tengah yaitu pembangunan Sulawesi Tengah yang pesat menuju kemajuan dan kesejahteraan yang lebih besar.

Pemerintah Provinsi, kata dia, bertemu dan juga menyampaikan usulan pengembangan kawasan industri perikanan halal kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono di Jakarta.

“Saat itu Menteri Trenggono sangat tertarik dengan usulan dari pak gubernur,” ucap Ridha Saleh.

Menteri Trenggono menanggapi positif usulan tersebut, katanya, dengan mengirimkan tim untuk melakukan peninjauan lokasi dan kabupaten yang diusulkan oleh Gubernur Sulawesi Tengah.

Ia mengatakan, saat ini sedang disusun studi kelayakan dan penyiapan lahan.

Baca: Keluarga Sambut Kepulangan Jamaah Haji Parigi Moutong

Ia menjelaskan, Pemprov Sulawesi Tengah melalui Gubernur Rusdy Mastura telah meneruskan pembangunan tersebut ke Kementerian Perikanan dan Kelautan, Kementerian Kelautan dan Investasi, bahkan Wakil Presiden. Karena itu, kata dia, pengembangan Kawasan Industri Perikanan Halal Banggai mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat.

“Hal ini sejalan dengan Sulawesi Tengah yang menjadi kawasan penyangga bagi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur,” ucap Ridha Saleh.

Ia menambahkan, pembangunan kawasan industri perikanan tentunya akan berdampak langsung pada percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat. (*/Ikh)

Baca: PDAM Makassar Diminta Tingkatkan Cakupan Layanan Air Bersih

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.