Penderita Kanker Kulit di Sulawesi Selatan Menempati Posisi Tiga Secara Nasional

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Ilustrasi pemeriksaan kulit oleh dokter spesialis kulit (Foto/Pixabay)

, gemasulawesi – Pasien kulit di menduduki peringkat ketiga di Tanah Air. Diungkapkan oleh Gubernur Andi Sudirman Sulaiman, Rabu, 18 Januari 2023.

Mengingat tingginya penderita kulit di Sulsel, Gubernur membuka gratis di Dinas Kesehatan Kulit, Kelamin, dan Kosmetika (UPK4) Dinas Kesehatan.

Baca: Ratusan Rumah di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan Terancam Rusak Karena Abrasi

ujuan ini adalah untuk memberikan deteksi dini risiko kepada masyarakat. Pelayanan ini akan diadakan di UPK4 Dinas Kesehatan di 91 Jalan Veteran Utara, Makassar.

gratis akan berlangsung dari 16 Januari hingga 13 Februari 2023. Gubernur Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, kegiatan skrining gratis selama sebulan ini dilakukan sebagai upaya deteksi kulit pada pasien untuk berobat.

Baca: Sempat Kisruh, Ini Dia Sosok PJ Sekda Sulawesi Selatan yang Baru Dilantik

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa benjolan atau tahi lalat di bagian tubuh mana pun bisa menjadi tanda atau tumor ganas. Oleh karena itu, penting untuk mendeteksinya sejak dini sehingga pencegahan secara medis dapat dilakukan.

ini adalah pelayanan gratis, masyarakat bisa datang untuk pemeriksaan sesuai jadwal yang ditentukan. Kemudian bila menemukan ada tanda-tanda atau tumor yang berbahaya sehingga dapat ditangani secara medis jika terdeteksi,” ujar Gubernur , Andi Sudirman Sulaiman.

Baca: Pemerintah Sulawesi Selatan Tangani Puluhan Kilometer Jalan Lalu Lintas Harian Rata-Rata

Perlu diketahui bahwa kegiatan pelayanan gratis merupakan salah satu program Pemerintah Provinsi yang dinisiasi Gubernur guna menekan jumlah penderita kulit.

Menurut data UPK4 Dinas Kesehatan , setiap tahunnya ada 22.000 pasien yang datang berkunjung, dengan rata-rata 2.000 per bulan.

Baca: Pemerintah Sulawesi Selatan Bakal Gunakan Modifikasi Rekayasa Cuaca Untuk Kurangi Curah Hujan Tinggi

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan , Rosmini Pandin menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang pelayanan UPK4 Dinas Kesehatan .

“Sekaligus tentunya meningkatkan pelayanan yang berjalan di UPK4,” ujarnya. (*/NRL)

Editor: Muhammad Azmi Mursalim

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.