Kurungan 10 Tahun Penjara Menanti Indra Kenz

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Indra Kenz (Instagram/@indrakenz}

Berita Selebriti, gemasulawesi – Hakim vonis Hukuman 10 tahun penjara dan denda Rp 5 miliar, jika denda tak dibayarkan maka diganti dengan kurungan penjara selama 10 bulan kepada Indra Kenz. vonis tersebut lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum 15 tahun hukuman penjara kepada Indra Kenz. Vonis tersebut dikeluarkan pada Senin 14 November 2022 Pengadilan Negeri Tangerang, Banten, telah mengeluarkan keputusan atas affiliate Binomo. 

Indra Kenz dipenjarakan karena melanggar Pasal 45A ayat (1) jo Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik dan juga Pasal ke-3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 thn 2010 ttg Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Baca: Kenneth William Ditangkap Kepolisian Atas Dugaan Melecehkan Masjid

Pria bernama asli Indra Kusuma dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindakan pidana pencucian uang (TPPU) dan menyebarkan berita kebohongan dan penyesatan terkait investasi kripto Binomo.

Ketua Majelis Hakim Rakhmat Rajagukguk, menjelaskan alasan mengapa tuntutannya lebih rendah dibanding JPU karena tiga alasan. Pertama adalah karena tindak pidana juga ada peran para  trader jadi tidak semuanya hanya kesalahan Indra Kenz. Alasan lainnya adalah tanggung jawab kepada keluarga yang masih diemban oleh Indra Kenz dan alasan lainnya adalah karena memang semua harta Indra telah disita oleh negara.

Baca: Delapan Petugas PJU di Palu Diduga Tersengat Listrik, Tiga Tewas

“Kami (akan ajukan) banding,” ujar Penasihat hukum Indra Kenz, Danang Hardianto terkait keputusan yang dikenakan kepada kliennya alasannya adalah karena dia tidak menikmati uang yang para trader dan uang yang dia miliki berasal dari Indodax.

Namun keputusan hakim ini ditanggapi berbeda oleh para korban Binomo, lantaran mereka tidak terima aset Indra Kentz disita oleh Negara. Sebaliknya korban Indra Kenz berharap agar aset itu bisa menjadi ganti rugi atas kerugian mereka. (GLR)

Editor: Muhammad Irfan Mursalim

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.