Makanan Khas Indonesia yang Wajib Kamu Coba

waktu baca 6 menit
Ket Foto: Ilustrasi Makanan Indonesia.

Kupas Tuntas, gemasulawesi – merupakan salah satu negara yang kaya akan hasil rempah-rempah. Karena hal itu, terdapat berbagai macam makanan khas dari berbagai daerah yang memiliki cita rasa yang khas dan unik di setiap daerahnya.

Sebagai warga negara yang cinta tanah air, kita harus mencintai masakan khas yang memiliki cita rasa yang tidak kalah enak dengan masakan khas negara luar.

Untuk kamu yang ingin mencicipi berbagai hidang asli , berikut kami berikan informasi mengenai khas di yang wajib untuk kamu coba. Yuk simak terus ulasannya!

memiliki banyaknya pilihan khas yang memiliki cita rasa yang lezat. Beberapa khas tersebut diantaranya, yaitu:

  1. Sate Padang

Siapa yang tidak tahu dengan makanan asli dari kota Padang yang satu ini. Sate Padang merupakan khas Padang yang wajib untuk kamu coba.  Karena ini memiliki rasa yang gurih dan kaya akan rempah. ini terbuat dari daging sapi yang dipanggang, kemudian disiram oleh bumbu kental yang sangat nikmat.

Sate Padang terkenal dengan bumbunya yang mampu menggugah selera. Bumbu ini terdiri dari rempah-rempah seperti jahe, jinten, lengkuas, dan juga cabai. Kemudian bumbu tersebut dihaluskan dan ditumis hingga mengeluarkan aroma nikmat.

Bumbu ini nantinya akan disiram ke daging sapi yang telah dibakar diatas arang. Untuk melengkapi sajian sate padang yang nikmat, biasanya sate padang disantap dengan ketupat, sehingga makan sate padang mampu membuat perut kenyang.

  1. Rawon

Makanan khas selanjutnya yang wajib kamu coba adalah rawon. Rawon merupakan makanan yang berasal dari Jawa Timur. Makanan ini memiliki cita rasa yang kaya akan rempah dengan kuahnya yang berwarna hitam kecoklatan.

Kuah rawon terbuat dari keluak atau buah pohon kepayang. Sebelum digunakan untuk memasak, keluak harus direbus dan diperam di dalam abu selama satu bulan. Hal ini dilakukan untuk fermentasi pada racun keluak yang baru dipetik.

Bumbu lainnya yang digunakan untuk membuat rawon adalah kemiri, jahe, kunyit, cabai merah, dan juga garam. Kemudian daging akan direbus bersamaan dengan bumbu hingga matang.

Perpaduan kuah yang gurih dan daging yang empuk membuat rawon menjadi makanan yang sangat nikmat untuk disantap. Untuk melengkapi kenikmatannya, kamu dapat memakan rawon dengan nasi hangat.

  1. Gudeg

Gudeg merupakan salah satu makanan tradisional dari Yogyakarta dan merupakan makanan tradisional yang cukup populer di daerah lain. Gudeg terbuat dari nangka yang direbus dalam waktu yang cukup lama.

Biasanya gudeg dijual oleh pedagang kaki lima dengan gerobak atau warung makan. Anda akan menemukannya dengan mudah di sepanjang jalanan Malioboro, Yogyakarta. Namun, seiring perkembangan zaman, gudeg sudah mulai banyak dijumpai di restoran-restoran terkenal.

Gudeg memiliki ciri khas berwarna coklat yang dihasilkan oleh daun jati yang direbus berjam-jam bersama santan, bumbu rempah, dan gula aren. Biasanya gudeg disajikan bersama lauk tambahan seperti ayam, telur, tempe dan tidak lupa dengan nasi.

Makanan Khas yang Mendunia

Saat ini sudah banyak makanan khas Indonesia yang telah dikenal oleh masyarakat dunia. Tak mengherankan, karena makanan ini tentunya memiliki cita rasa yang lezat, sehingga mampu dikenal oleh dunia. Berikut beberapa makanan khas negara Indonesia yang mendunia.

  1. Rendang

Rendang merupakan salah satu makanan asli Indonesia yang telah dikenal oleh dunia. Makanan khas Sumatera Barat ini memiliki rasa yang sangat lezat. Irisan daging sapi yang dimasak dengan perpaduan rempah khas Padang, menciptakan rasa yang gurih dan nikmat.

Terdapat 2 proses pemasakan rendang. Yang pertama yaitu dengan memasak rendang dengan waktu minimal 4 jam. Sehingga menghasilkan rendang yang berwarna hitam kecoklatan dengan bumbu yang kering mirip dengan dedak.

Cara yang kedua adalah dengan memasak daging dalam waktu yang singkat dengan santan yang masih mengental. Rendang jenis ini disebut dengan kalio. Kalio memiliki tekstur kuah yang kental dan daging tidak terlalu kering.

Bahan-bahan yang dibutuhkan ketika kamu ingin memasak rendang adalah daging sapi, santan, lengkuas, jahe, kunyit, cabai, lada, bawang merah, bawang putih, dan bumbu lainnya.

Walaupun cara memasaknya yang berbeda, kedua proses ini tetap akan menghasilkan cita rasa rendang yang sangat nikmat. Biasanya, rumah makan Padang akan menyajikan jenis rendang yang berwarna hitam kecoklatan.

Rendang akan sangat nikmat bila disantap dengan nasi hangat. Dengan kelezatan yang dimiliki oleh rendang, maka tidak heran apabila rendang menjadi salah satu makanan terlezat di dunia.

  1. Sate Madura

Tak hanya Padang yang memiliki sate khas daerahnya, melainkan Madura juga memiliki sate khas daerah. Sate Madura merupakan sate yang terbuat dari berbagai macam daging, seperti daging sapi, ayam, kambing, kelinci, ataupun kerbau.

Sate Madura dibuat dengan cara memotong daging menjadi kecil-kecil, kemudian direndam dengan bumbu marinasi. Setelah itu, daging tersebut dibakar diatas arang hingga matang.

Setelah matang, sate akan diguyur dengan saus kacang maupun kecap. Sebagai pelengkap kenikmatannya, sate biasanya disantap dengan menggunakan lontong atau nasi putih, serta acar timun dan kerupuk.

Setiap pulau memiliki sate khas daerahnya masing-masing. Yang membedakan hanyalah bumbu yang digunakan sebagai pelengkap sate.

  1. Nasi Goreng

Makanan tradisional Indonesia lainya yang telah mendunia dan populer adalah nasi goreng. Hampir semua orang Indonesia pastinya pernah menyantap kuliner yang satu ini.

Nasi goreng merupakan makanan yang lezat dan mudah untuk dibuat. Pada awalnya, nasi goreng dibuat sebagai cara untuk memanfaatkan nasi sisa atau nasi yang sudah lama. Karena, dengan menggoreng nasi maka akan mencegah bakteri untuk berkembang biak.

Namun dengan seiring perkembangan zaman, nasi goreng dimasak dengan berbagai macam kreasi sehingga menghasilkan rasa yang lezat dan enak untuk disantap.

Nasi goreng dapat dimasak dengan berbagai macam lauk seperti sosis, bakso, ikan teri, ati ampela, seafood, dan lainnya. Dengan perpaduan bumbu, lauk, dan nasi menghasilkan rasa nasi goreng yang sangat nikmat.

Kamu dapat dengan mudah untuk menemukan penjual nasi goreng. Mulai dari nasi goreng yang dijual di pinggir jalan, hingga nasi goreng yang dijual di restoran dan cafe-cafe mahal.

Hampir setiap restoran di Indonesia menyajikan menu nasi goreng. Karena nasi goreng merupakan makanan khas Indonesia yang sangat populer dan juga lezat.

Nasi goreng cocok untuk disantap di berbagai waktu, baik untuk makan pagi, makan siang, hingga makan malam. Cara membuat nasi goreng sangatlah mudah, sehingga kamu dapat mencoba untuk membuatnya di rumah.

Itulah beberapa makanan khas Indonesia yang wajib untuk kamu coba. Dengan cita rasa yang lezat, sehingga mampu menggugah seleramu. Indonesia memiliki makanan yang tak kalah enak dengan negara lainnya. Oleh karena itu yuk  cintai masakan Indonesia! (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.