Ini Lho Makna Dari Maskot Piala Dunia Qatar La’eeb Serta Bola Yang Digunakan

waktu baca 2 menit
Maskot Piala Dunia. Foto (Twitter.com/Football__tweet)

Olahraga, Gemasulawesi – Banyak hal dari Piala Dunia FIFA 2022 yang digelar di yang menarik perhatian salah satunya diantaranya adalah maskot ikonik bernama La’eeb.

Maksor piala dunia ini telah diresmikan sejak 1 April 2022 oleh The Federation Internationale de Football Association (FIFA). Berbeda dengan konsep maskot-topeng pada piala dunia sebelumnya La’eeb kali ini tidak mengambil tema binatang.

La’eeb adalah kosa kata bahasa Arab yang berarti seseorang dengan kemampuan tinggi. Dia berasal dari dunia maskot paralel yang tidak dapat dijelaskan. Semua orang bisa mengartikannya seperti apa,” demikian pernyataan dari FIFA. Laeeb memiliki penampilan putih dan mengambang dengan ekspresi ceria.

Secara visual, La’eeb berbentuk seperti penutup kepala atau Kuffiyah yang biasa dikenakan masyarakat Timur Tengah sehari-hari. Karakter La’eeb dilambangkan sebagai ikon yang penuh semangat, percaya diri, berani, dan petualang.

Baca: Arab Saudi Mengalahkan Argentina Secara Mengejutkan di Piala Dunia

La’eeb sendiri banyak dikomentari netizen karena mirip karakter animasi hantu Casper namun FIFA sendiri menyatakan bahwa “Kami yakin penggemar di mana pun akan menyukai karakter yang menyenangkan ini.”

FIFA mengungkapkan artinya nama La’eeb berasal dari bahasa Arab yang berarti pemain super terampil. Meskipun Lareb tidak memiliki kelamin namun FIFA menggunakan kata ganti pria untuk menggambarkannya.

Bola yang digubakan FIFA dalam Piala dunia juga menjadi perhatian publik, selain maskot bernama La’eeb. Bola resmi FIFA World 2022 dinamakan Al Rihla. Al Rihla adalah bola ke-14 buatan Adidas untuk turnamen besar dunia tersebut.

Arti nama Bola Al Rihla berasal dari bahasa Arab Rohla’ yang berarti perjalanan. Kata tersebut mewakili perjalanan Piala Dunia bersama Al Rihla keliling dunia.

Bola ini dibuat khusus pertama kali di Piala Dunia karena menggunakan tinta dan lem yang terbuat dari air. Jean-Francois Pathy, Direktur Pemasaran FIFA, mengatakan bola Al Rihla ramah lingkungan dan dibuat oleh Adidas dengan kualitas tinggi.

Baca: Timnas Inggris Kuasai Lapangan dan Papan Skor

Itulah arti 2022 yang diberi nama La’eeb. La’eeb merupakan maskot yang unik karena untuk pertama kalinya Piala Dunia memiliki maskot bertema binatang. Bola Resmi Piala Dunia Al Rihla ini juga disebut-sebut memiliki kualitas tinggi serta ramah lingkungan. (*/GLR)

Editor: Gracesilia Shea Arsiane

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.