Pemprov Sulawesi Barat Bakal Tanam 1,2 Juta Mangrove

waktu baca 2 menit
penanaman bibit mangrove oleh sejumlah orang (Ilustrasi Gambar)

Berita Sulawesi barat, gemasulawesi – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat, , mangrove atau bakau Sulawesi Barat upaya untuk melestarikan lingkungan pada hari menanam pohon 28 November 2022.,

Bibit bakal tanam di lahan seluas kurang lebih 125 hektar di sepanjang pantai Sulawesi Barat dari Kabupaten Polman hingga Pasangkayu.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah untuk melestarikan ekosistem mangrove sebagai ekosistem lingkungan dan merehabilitasi kawasan pesisir,” ucap Hamzah, Kepala Dinas Kehutanan Sulawesi Barat, di Mamuju, Selasa 12 Juli 2022.

Menurut dia, 10.000 siswa dari 100 SMA dan 45 SMK pertanian di akan mengikuti kegiatan tersebut. Langkah ini juga mengajarkan siswa menanam pohon untuk menjaga lingkungan.

Baca: Siswa SMPN 3 Parigi Moutong Dibekali Karakter dan Bela Negara

Pj Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik mengatakan selain siswa, pemerintah juga akan melibatkan pemerintah sejumlah unit pelaksana teknis di sektor pertanian, serta organisasi masyarakat. Menurut dia, para siswa akan menanam pohon di kawasan pesisir dekat sekolah masing-masing.

“Dishutakan kemudian bertugas melatih siswa serta organisasi masyarakat untuk mengembangkan bibit tanaman mangrove untuk ditanam secara serentak,” ucap Akmal.
Ia berharap kegiatan tersebut tidak menguras anggaran Sulawesi Barat. Bibit yang disiapkan dari hasil pelatihan pengembangan mangrove dan tenaga siap tanam adalah siswa yang tidak perlu dibiayai.

Sulawesi Barat merupakan daerah rawan gempa dan tsunami, sehingga pantai perlu dilindungi dengan penanaman mangrove. Pemerintah akan terus berinovasi menciptakan program-program pembangunan yang minim biaya, namun hasilnya dapat berdampak pada pembangunan dan kebutuhan masyarakat.

“Perekonomian perlu dibangun dengan berbagai inovasi, banyak cara yang bisa diterapkan, melestarikan alam merupakan kepentingan membangun perekonomian untuk kepentingan generasi mendatang,” ujarnya. (*/Ikh)

Baca: Siswa SMPN 3 Parigi Moutong Dibekali Karakter dan Bela Negara

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.