Penyeberangan Merak-Bakauheni Potensi Dilanda Angin Kencang

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Ilustrasi/Pexels

Berita Nasional, gemasulawesi – berpotensi dilanda angin kencang dengan kecepatan 0,5 hingga 45 km perjam, dengan disertai hujan intensitas rendah, pada Minggu 1 Januari 2023 sore.

Hal itu diungkapkan Wahyu Argo, petugas Prakirawan Cuaca di Posko Mobil Cuaca di Dermaga 2 Pelabuhan Merak, Banten, Minggu 1 Januari 2023.

“Oleh karena itu, pelayaran diharapkan waspada agar tidak terjadi kecelakaan kapal,” kata Wahyu Argo, Petugas di Posko di Dermaga 2 Pelabuhan Merak di Banten, Minggu 1 Januari 2023.

Diharapkan pelaku pelayaran lintasan dapat meningkatkan kewaspadaan dengan memperhatikan kondisi cuaca demi keselamatan penumpang.

Baca: BMKG Sebut Waspada Gelombang 6 Meter di Selat Makassar

Cuaca buruk terjadi pada Sabtu, 31 Desember 2022, saat ASDP menutup jalur lintas Merak-Bakauheni sejak pukul 14.40 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

ASDP kemungkinan akan menutup kembali jalur Merak – Bakauheni jika cuaca buruk disertai angin kencang dan gelombang tinggi.

Selain itu, pengguna layanan untuk tidak memaksakan diri menyeberang dalam kondisi cuaca buruk.

Baca: BMKG Ingatkan Warga Waspadai Gelombang Tinggi dan Banjir Pesisir

“Kami mendukung penutupan sementara jalur lintas Merak-Bakauheni demi keselamatan penumpang saat terjadi cuaca buruk di Selat Sunda bagian utara,” ucapnya.

Menurutnya, ketinggian gelombang di perairan Merak-Bakauheuni diperkirakan mencapai 0,5 hingga 2,0 meter.

Juga pada sore hari terjadi hujan ringan dan angin barat daya-barat laut dengan kecepatan 5 hingga 40 km/jam.

Baca: BMKG Prediksi Indonesia Hujan Lebat Saat Natal dan Tahun Baru

Namun, secara umum diperkirakan akan berawan dan angin dari arah barat laut dengan kecepatan mencapai 5 hingga 20 km per jam.

Sementara itu, akan terjadi hujan ringan pada sore hingga sore hari dengan peluang kecepatan angin mencapai 05 hingga 45 km/jam.

“Kami terus menginformasikan update cuaca kepada Otoritas Pelabuhan Merak kapan harus melayani masyarakat menggunakan jasa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) agar tiba dengan selamat di tujuan,” ucapnya. (*/Ikh)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.