Polemik Ormas Batalyon 120, Mabes Polri Utus Itsus Untuk Selidiki

waktu baca 2 menit
Foto/Istimewa

Berita Nasional, gemasulawesi – Polemik ormas Batalyon 120 Makassar, masih jadi perbincangan ditengah masyarakat, pasalnya ormas binaan Kapolrestabes Kombes Budi Haryanto dan Wali Kota Danny Pomanto dianggap meresahkan masyarakat, terkait hal itu Mabes Polri utus Inspektorat Khusus (Itsus) untuk selidiki.

Inspektorat Khusus (Itsus) Mabes Polri akhirnya turun tangan dan tiba di kota Makassar, Sulawesi Selatan, menurut informasi, kedatangan Itsus untuk mengusut polemik terkait penggerebekan ormas Batalyon 120 Makassar yang berujung pada pemecatan Iptu Faizal karena menggerebek ormas binaan itu.

Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan Kombes Komang Suartana saat dimintai konfirmasi mengatakan, rombongan Itsus tiba di Polda Sulawesi Selatan dari Mabes Polri pada Rabu 14 September 2022.

Benar rombongan dari Mabes kemarin datang, kata Kombes Komang, Kamis 15 September 2022.

Komang mengaku belum banyak mengetahui keberadaan Itsus di Makassar. Namun, dia tidak menampik dan membenarkan kedatangan Mabes Polri Itsus untuk melakukan penyelidikan terkait penggerebekan Batalyon 120 Makassar yang santer diberitakan di media massa.

“Terkait Batalyon 120, untuk menginvestigasi berita yang sedang ramai di media,” kata Kombes Komang.

Sebelumnya pada Minggu 11, Tim thunder Polda Sulawesi Selatan bersama mantan kanit Reskrim Polsek Tallo. Penggerebekan tersebut akhirnya menimbulkan kontroversi di institusi kepolisian juga masyarakat.

Baca: Gempa Magnitudo 3,5 Guncang Palu Kedalaman 5 Kilometer

Yang menjadi fokus perhatian adalah sikap Kapolrestabes Makassar Kombes Budi Haryanto yang langsung memecat Kanit reskrim Polsek Tallo Iptu Faizal karena melakukan penggerebekan ormas Batalyon 120.

Hanya saja Kombes Budi langsung membantah kabar tersebut. Iptu Faizal kemudian dimintai klarifikasi dan diberitahu bahwa dia salah karena penggerebekan itu dianggap tidak pantas.

Tidak hanya Kapolrestabes yang menjadi sorotan, namun juga Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto, yang mendirikan organisasi Batalyon 120 pada Maret 2022. (*/Ikh)

Baca: Pernyataan Polri, Terkait Pemuda di Madiun Diduga Hacker Bjorka

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.