Prakiraan Cuaca BMKG, Sulawesi Selatan akan Dilanda Hujan Hingga Seminggu Kedepan

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Citra satelit BMKG. (Foto/Laman Website BMKG)

, gemasulawesi – Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geosifika (BMKG) Wilayah IV Makassar meperkirakan ekstrem masih terus terjadi di seluruh wilayah hingga seminggu kedepan. Hujan dari intensitas sedang hingga lebat diprediksi mengguyur wilayah Sulawsesi Selatan.

Dilansir dari akun Instagram @bmkgsulsel Senin 19 Desember 2022. Dalam sebuah unggahan postingannya memberitahukan peringatan untuk seminggu kedepan.

Ini berlaku dari tanggal 20 Desember 2022 sampai 26 Desember 2022. Hampir seluruh daerah kabupaten atau kota di Sulawesi Setalan diperkirakan alami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertaai kilat atau petir juga angin kencang.

Baca: Hujan Diprediksi Melanda Sulsel Selama Seminggu, Pantau Titik Rawan Bencana Berikut

Daerah yang berpotensi alami hujan mulai tanggal 20 hingga 22 Desember 2022 diantaranya Luwu Utara, Pinrang, Pare – Pare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Sinjai.

Sementara mulai tanggal 23 sampai 26 Desember 2022 wilayah sebagai berikut Luwu Utara, Luwu, Tana Toraja, Toraja Utara, Enrekang, Pinrang, Sidrap, Pare – Pare, Barru, Soppeng, Pangkep, Maros, Makassar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai dan Kepulauan Selayar berpotensi alami hujan petir disertai angin kencang.

Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geosifika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengimbau masyarakat untuk waspada pada potensi bencana alam hidrometeorologi.

Baca: Menteri Perdagangan Konfirmasi Harga Telur dan Beras Naik

Adapun yang dimaksud dengan bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang diakibatkan oleh aktivitas misalkan saja siklus hidrologi, curah hujan, temperatur, angin juga kelembapan.

Bentuk bencana hidrometeorologi seperti kekeringan, banjir, badai, kebakaran hutan, longsor, angin puyuh, gelombang dingin, sampai gelombang panas.

Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geosifika (BMKG) Wilayah IV Makassar memperingatkan adanya potensi angin kencang yang berhembus di wilayah selatan dan barat, .

“Prakiraann ini dibuat untuk memberikan informasi pada masyarakat, tetap tingkatkan kewaspadaan,” tulisnya. (*/NRU)

Editor: Muhammad Azmi Mursalim

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.