Pulihkan Trauma, SSGI Hibur Pelajar Korban Banjir Desa Torue

waktu baca 2 menit
Foto/Istimewa

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Pulihkan trauma, Sai Study Group Indonesia (SSGI) koordinator wilayah IX beri hiburan bagi pelajar siswa/siswi SDN Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, korban banjir bandang Kamis 28 Juli 2022.

Kegiatan tersebut dikemas dengan trauma healing dan Sai Family Gathering dari Poso, Palu, Buranga, Tambarana, Lindu.

Koordinator Wilayah IX SSGI Sulawesi Tengah I Putu Edi Suparman mengatakan, program organisasi ini lebih fokus pada kegiatan sosial kemanusiaan, seperti yang terjadi di wilayah likuifaksi desa Petobo di kota Palu. Diantaranya adalah membuka layanan, termasuk membangun hunian tetap.

“Termasuk Kecamatan Torue, kami berusaha hadir untuk meringankan beban psikologis siswa yang menjadi korban banjir bandang,” katanya saat ditemui, Sabtu 13 Agustus 2022.

Ia mengatakan, tujuan dari trauma healing yang dilakukan SSGI adalah agar membantu pulihkan trauma atau tekanan psikologis para pelajar yang korban banjir menjadi normal. Bencana tersebut mengakibatkan siswa kehilangan pakaian, buku pelajaran dan perlengkapan sekolah lainnya, juga sarana pendidikan ikut rusak.

Untuk mengembalikan keceriaan tersebut, pihaknya mengajak siswa untuk bermain, menyanyi, dan melakukan aktivitas lain agar trauma yang ia rasakan hilang dengan sendirinya.

“Trauma mereka jangan sampai berlarut-larut, kami hadir untuk membawa keceriaan di wajah para pelajar yang menjadi korban banjir bandang di daerah ini,” harapnya.

Baca: Sulawesi Barat Canangkan Gerakan Merdeka Pangan

Diakuinya, sebelum membentuk Tim Trauma Healing, mereka terlebih dahulu mematangkan konsep kegiatan karena para tutor ini sudah memiliki pengalaman dan pelatihan dari instansi terkait.

Ia menambahkan, kegiatan trauma healing ini merupakan rangkaian penutupan kegiatan SSGI, dua minggu sebelumnya pihaknya membuka pelayanan bagi korban banjir bandang.

“Pada hari banjir bandang, kami bergerak dengan menyediakan air bersih, air minum, kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya,” tutupnya. (*/Ikh)

Baca: Kibaran Merah Putih Raksasa di Teluk Mamuju

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.