Ratusan Korban Gempa Mentawai Masih Bertahan di Pengungsian

waktu baca 2 menit
Pengungsi korban gempa di Kabupaten Kepulauan Mentawai (Foto/Istimewa)

Berita Nasional, gemasulawesi – Ratusan korban gempa bumi di Kabupaten Kepuluan Mentawai Magnitudo 6,1 pada minggu 11 September 2022 pukul 06.10 memilih bertahan di titik-titik pengungsian.

Hal itu diungkapkan Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat Rumainur.

“Menurut laporan sementara, 200 orang yang telah mengungsi dari kejadian itu. Namun, kami masih mengumpulkan data untuk memastikan jumlah total orang yang mengungsi akibat gempa ini,” ucap Rumainur.

Rumainur memastikan kebutuhan logistik ratusan korban gempa di Kabupaten Kepulauan Mentawai agar tetap aman. Pasca gempa akhir bulan lalu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Mentawai masih menyalurkan bantuan logistik.

Ia mengatakan, logistik aman, BPBD Mentawai masih menyalurkan bantuan bantuan akibat gempa beberapa waktu lalu. Logistik masih ada dan tahap pendistribusian masih berlangsung.

Rumainur menjelaskan para penyintas yang memilih bertahan di titik pengungsian malam ini karena masih khawatir dengan kemungkinan gempa susulan. Lokasi evakuasi Anda adalah zona aman gempa dan tsunami. Jika kondisi sudah dianggap aman, para pengungsi akan segera kembali ke rumah masing-masing.

Baca: 209.888 KPM di Sulawesi Tengah Terima BLT BBM dan BPNT

Kabupaten Kepulauan Mentawai diketahui telah diguncang gempa empat kali yang cukup besar sejak pagi. Dirangkum dari data yang dipublikasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Lindu pertama kali muncul pada pukul 06.10 WIB dengan magnitudo M6.1. lalu Kemudian gempa kedua terjadi pada pukul 06.24 WIB.

Parameter gempa kedua dengan magnitudo M5.4 ini terletak di 1,25 LS dan 98,49 BT pada kedalaman 11 kilometer. Kemudian gempa ketiga berkekuatan Magnitudo 4,4 kejadiannya jam 09:40. Dan gempa terakhir terjadi pada pukul 10:29 WIB. Gempa ini berkekuatan Magnitudo 4,2 dan tanpa potensi tsunami. (*/Ikh)

Baca: Polda Sulteng Bagikan 500 Paket Sembako Bagi Masyarakat

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.