Siaga 24 Jam, Basarnas Kota Palu Pantau Masa Libur Panjang

waktu baca 2 menit
Foto: Illustrasi Siaga 24 Jam Basarnas Kota Palu

Berita kota palu, gemasulawesi– Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) siaga 24 jam pantau masa libur panjang.

“Kami mengerahkan personil untuk memantau aktivitas libur panjang masyarakat, yang berkunjung ke sejumlah objek wisata di Sulteng selama masa liburan cuti bersama dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW,” ungkap Kepala Kantor SAR Palu Andrias Hendrik Johannes, di Palu, Selasa 27 Oktober 2020.

Ia mengatakan, siaga Basarnas Kota Palu bagian dari upaya menangani kecelakaan penerbangan, pelayaran, kebencanaan, kondisi membahayakan manusia serta kecelakaan dengan penanganan khusus.

Menurut dia, pada momen libur panjang ini, masyarakat lebih cenderung bepergian bersama keluarga, baik kegiatan mudik maupun mengunjungi objek wisata.

Baca juga: Parigi Moutong Perpanjang Libur Sekolah

“Hal itu, menimbulkan tingginya pergerakan arus lalu lintas yang kapan saja bisa memicu terjadinya kecelakaan dan membahayakan kondisi keselamatan orang,” tuturnya.

Mengantisipasinya, pihaknya meluncurkan “Siaga SAR” Kota Palu Sulawesi Tengah mulai 27 Oktober hingga 2 November 2020.

Ia mengatakan kegiatan Siaga SAR ini didukung dengan sejumlah alat dan sarana di antaranya kendaraan angkut personel tiga unit, perahu karet dua unit, rescue truk satu unit, peralatan medis, peralatan evakuasi, peralatan selam serta satu unit kapal KN SAR Bhisma yang disiagakan di Pos SAR Kabupaten Banggai.

Baca juga: Petugas Posko Siaga Corona Perbatasan Parigi Moutong Minta APD

“Selain objek wisata personel juga ditempatkan di titik-titik rawan lainnya,” jelasnya.

Ia melanjutkan, kesiapasiagaan personel yang didukung peralatan serta sarana kegiatan SAR ini diharapkan dapat meminimalisir kecelakaan dan kondisi yang membahayakan jiwa manusia.

Siaga SAR dalam masa liburan akhir pekan ini kata dia, dilaksanakan 24 jam. Di antaranya, siaga komunikasi dan siaga Rescue melalui Pos SAR Kabupaten Luwuk, Pos SAR Parigi Moutong, Unit Siaga SAR Tolitoli dan Unit Siaga SAR Morowali.

“Ini dilakukan agar bisa memenuhi tuntutan masyarakat terhadap pelayanan SAR yang cenderung meningkat sesuai dengan tugas dan fungsi Basarnas,” tegasnya.

Baca juga: Kapal Bermuatan Sembako Tenggelam di Donggala Sulteng

Libur Panjang, Sebaiknya di Rumah Saja

Koordinator Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat agar mempertimbangkan rencana beraktivitas di luar rumah di masa libur panjang nanti.

Wiku mengatakan, aktivitas di dalam rumah merupakan yang paling aman di masa pandemi Covid 19 ini.

“Sekarang kesempatan untuk berada di rumah, karena mungkin ada pekerjaan-pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan. Aktivitas di rumah adalah yang paling aman di masa pandemi ini,” tutupnya.

Baca juga: Curah Hujan Tinggi, BPBD Minta Warga Sigi Sulteng Siaga Bencana

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.