Wabup Parigi Moutong Terima Penghargaan Pengendalian AIDS

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Diserahkan oleh Wakil Gubernur Sulteng ‘ Badrun Nggai Wakil Bupati Parimo Terima Piagam Penghargaan Pengendalian AIDS (Foto/Prokopim Parigi Moutong)

Berita , gemasulawesi – Wakil Bupati (Wabup) , Provinsi Sulawesi Tengah, terima piagam pengendalian yang secara langsung diberikan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) Ma’mun Amir.

Penyerahan piagam itu merupakan komitmen untuk berperan aktif dan berupaya memerangi HIV/ selama 10 tahun berturut-turut.

Pemberian yang diserahkan antara lain Gubernur Sulawesi Tengah periode 2011-2021, Ketua KPA Kota Palu, Ketua KPA , Kab. Kabupaten Sigi dan Banggai.

Kegiatan juga dilakukan dalam rangka memperingati Hari Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember, dan sebagai bagian dari kegiatan tersebut, KPAP Sulteng juga mengadakan berbagai kegiatan antara lain dimulainya senam pagi sehat dan pemberian doorprize dilokasi Taman Gor Palu, Selasa, 6 Desember 2022.

Baca: Pemda Parigi Moutong Bangun Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Dalam sambutan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Dr. H. Ma’Mun Amir, menyatakan bahwa penanggulangan HIV/ di masyarakat harus dilakukan secara intensif dan menyeluruh.

Wagub mengatakan, hal ini harus menjadi prioritas bagi unsur pemerintah, pegiat sosial dan masyarakat umum agar pencegahan penyebaran virus HIV dan pengobatan pasien dapat berjalan dengan perencanaan yang baik sesuai tema ‘Satukan Langkah Cegah HIV’, semua sama dengan akhiri .

“Jadi bukan sekedar peringatan. Saya ingin ada referensi, perencanaan dari hulu ke hilir,” terangnya.

Baca: Ketua KONI Parigi Moutong Minta Tim Sepak Bola Bermain Tanpa Beban

Ia menambahkan hal ini harus benar-benar dipelajari apa saja kemungkinan besar yang terjadi, dan juga dapat dimulai dengan melakukan pengambilan sampel darah di sekolah-sekolah agar diketahui yang dapat terdeteksi, sehingga sekolah nantinya bisa konsentrasi menyelesaikan masalah.

Wagub juga menghimbau generasi muda untuk menjauhi pergaulan bebas, hal ini dimulai dari diri kita sendiri dan menjaga lingkungan agar masalah tidak berkembang dan berkelanjutan, dan tentunya itu harapan kita kedepan agar kasus HIV/ di Sulawesi Tengah bisa ditekan sampai nol.

Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai mengatakan Kabupaten berhasil mendapatkan piagam atas komitmennya dalam penanggulangan HIV/ selama 10 tahun berturut-turut.

Baca: Panitia Porprov Siapkan Dua Lokasi untuk Pemondokan Kontingen Parigi Moutong

Ia mengatakan tersebut tidak hanya semata-mata dengan kepuasan, akan tetapi sebagai motivasi agar terus bergerak untuk melakukan sosialisasi tentang penanggulangan HIV dan secara komperehensif melalui warga peduli .

Ia menyampaikan bahwa saat ini 8 populasi kunci yang perlu dijangkau dan dites status HIV nya memenuhi standar minimal perawatan di bidang kesehatan, antara lain ibu hamil, penderita infeksi menular seksual (IMS), penderita tuberkulosis penyakit paru-paru, Warga Lapas, Waria, Lelaki Seks Lelaki (LSL), Wanita Pekerja Seks (WPS), Pengguna Jarum Suntik (Penasun). (*/Ikh)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.