Badan Pangan Nasional Beri Bantuan Paket Pangan Gizi di Cianjur

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Reefer Container Badan Pangan Nasional (Foto/ Facebook Badan Pangan Nasional)

Berita Nasional, gemasulawesi – (National Food Agency/NFA) beri bantuan 18 ribu paket pangan gizi seimbang dan aman kepada penyintas gempa di Cianjur, Jawa barat.

Paket tersebut dikirim untuk meringankan beban dan memenuhi kebutuhan gizi masyarakat.

“Kami di NFA hari ini bersama seluruh tim, dengan pak Kadis Pangan provinsi, juga dari Cianjur dengan kepala desa, mencoba membuat dapur B2SA. Dapur ini adalah beragam, bergizi seimbang dan aman. Jadi kami menyiapkan sekitar 3.000 paket sehari selama enam hari ke depan,” ucap Ketua NFA Arief Prasetyo Adi di lokasi pengungsian Desa Cibereum Cianjur, Selasa, 6 Desember 2022.

Arief mengatakan dapur B2SA akan digunakan untuk mengolah bahan pangan gizi bantuan yang dikirim dari NFA dan mitra strategis untuk kebutuhan makanan enam hari ke depan di Cianjur.

Baca: Presiden Joko Widodo Pastikan Pembangunan Rumah Korban Gempa Cianjur Dimulai

Makanan pendamping untuk diolah memenuhi unsur gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, sayur, protein hewani, protein nabati dan buah dalam bentuk jus.

“Jadi sementara kita mengedukasi bahwa makan sehat adalah makanan seimbang. Jadi, satu piring ada makanan pokok, kemudian, di piring itu ada seratnya, seratnya sayuran, lalu ada proteinnya juga, ada ayam, lalu ada juga protein nabati dan tempe,” terang Arief.

Oleh karena itu, warga yang terkena dampak diharapkan mendapatkan makanan bergizi selama masa evakuasi

Baca: Sebanyak 8.341 Rumah Korban Gempa Cianjur Akan Diperbaiki

Arief mengatakan sumber pangan nabati olahan juga bersumber dari lokal.

“Semoga saudara-saudara kita tidak bosan di sini. Makanan cepat saji bisa membosankan. Setiap hari baru dimasak dan menunya berubah setiap saat,” ucap Arief.

Ia menjelaskan bahwa makanan yang dikirim oleh NFA kemudian diolah oleh warga setempat, baik ibu rumah tangga maupun remaja putri.

Baca: BNPB Tinjau Lokasi Relokasi Korban Gempa Cianjur

Dia percaya ini dapat memberikan aktivitas tambahan bagi komunitas dan mengurangi stres.

“Dapur B2SA ini juga nanti yang mengelola saudara-saudara kita di sini agar yang sembuh bisa melupakan duka sementara kita memasak untuk saudara kita sendiri. Juga, kami menganggarkan mereka sedikit sehingga semuanya menyenangkan,” ucap Arief.

Selain itu, NFA juga mengirimkan bantuan dari mitra strategis seperti beras, telur, kurma, buah dan 1.000 paket kebutuhan sehari-hari.

Baca: Pencarian Korban Gempa Cianjur Disarankan untuk Diperpanjang

Ada juga beras sebanyak 2.330 beras, minyak goreng, susu UHT, kornet dan ikan sarden. Selain itu, 18.000 botol jus juga disumbangkan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP). (*/Ikh)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.