Bantuan Empat Ton Benih Padi IP 400 Untuk Petani di Sigi

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Staf Khusus Menteri Pertanian Yesiah Ery Tamalagi.

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Bantuan empat ton benih padi IP 400 yang diserahkan Kementerian Pertanian untuk petani di Kabupaten Sigi, Jumat 23 September 2022, penyerahan rangkaian dari 6,825 ton benih padi di Sulawesi Tengah.

Hal itu diungkapkan Staf Khusus Menteri Pertanian Yesiah Ery Tamalagi.

“Bantuan benih padi yang diserahkan merupakan hasil kerjasama antara Dirjen Tanaman Pangan dengan Balitbangtan. Ini adalah jenis benih unggulan untuk menjaga ketahanan pangan di negara kita. Jadi kami berharap kelompok tani yang mendapat dukungan dapat memanfaatkannya sebaik mungkin, dan teman-teman PPL sangat membantu para petani dari menanam hingga panen,” ucap Yesiah Ery Tamalagi.

Mengenai bibit unggul, Kepala BPTP Palu Abd Wahab menjelaskan, bibit bantuan yang dibagikan terbagi menjadi dua jenis.

Abd Wahab menjelaskan, benih padi ini merupakan jenis Padi Genjah Cakra Buana IP 400, artinya dapat dipanen empat kali dalam setahun. Ada dua jenis benih yang diserahkan, yaitu benih SS atau stock sheed atau benih yang dapat digunakan kembali sebagai benih setelah panen, dan benih ES atau extension sheed yang dipanen hanya sekali atau dikonsumsi langsung.

SekKab Sigi, Muh. Basir atas nama Bupati Sigi menyambut baik dan berterima kasih kepada Kementerian Pertanian atas kepedulian yang diberikan kepada para petani di Kabupaten Sigi.

“Sebelum gempa hampir empat tahun lalu, kami dikenal di Sigi sebagai salah satu daerah yang banyak mengirimkan hasil komoditas ke daerah lain, dan setelah gempa, para petani di daerah kami terus berusaha memenuhi kebutuhan di daerah sendiri. Bantuan ini tentunya sangat penting, terutama sebagai energi baru bagi petani untuk kembali seperti semula sebelum gempa.

Baca: Rapat Penyusunan Buku Statistik Sektoral Sulawesi Tengah

Penyerahan benih padi dilakukan oleh Staf Khusus Menteri Pertanian, Yesiah Ery Tamalagi didampingi Kapus Litbang Horti Balitbangtan, Taufik Ratole, dan Kepala Balithi Balitbangtan, Muh Thamrin, kepada Muh. Basir. SekKab Sigi kemudian diberikan kepada berbagai kelompok tani di Kabupaten Sigi.

Penyerahan bantuan benih juga disaksikan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sigi, mahasiswa Untad yang tengah melakukan pembalajaran merdeka, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Sigi dan Penyuluh Lapangan.

Untuk Sulawesi Tengah, kecuali Kabupaten Sigi yang mendapat bantuan 4.450 ton (4.450 kg) Kecamatan lain yang dapat terdiatribusi adalah Kabupaten Banggai 475 kg, Kabupaten Donggala 625 kg, Kabupaten Morowali 250 kg, Kabupaten Morowali Utara 1.025 ton (1.025 kg). (*/Ikh)

Baca: Pemprov Sulawesi Tengah Kukuhkan 10 Tim TPAKD Kabupaten

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.